-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Rizal Ramli Diajak Lakukan Jihad Ekonomi

60menit.com
Minggu, 15 Oktober 2017


SURABAYA, 60MENIT.COM - (14-10-2017) Rangkaian kunjungan Rizal Ramli ke Pondok Pesantren Gontor, Ngawi, Jawa Timur menerbitkan kenangan pribadi tersendiri.

Hampir 50 tahun yang lalu dalam tourney-nya berkeliling Pulau Jawa setelah mengikuti program studi beasiswa di Jepang Rizal menemukan sistem pendidikan yang sangat mandiri di Pesantren Gontor.

"Saya menemukan sistem pendidikan yang bagus untuk mempersiapkan anak Indonesia yang mandiri. Waktu itu saya sudah sangat kagum," papar Rizal Ramli, tadi malam (Sabtu 14/10).

Dia menyebut, Pesantren Gontor merupakan salah satu inspirasinya untuk mendobrak pemerintahan Suharto agar melakukan UU wajib belajar karena pada saat itu ada sekitar delapan juta kanak-kanak tanpa pendidikan.

"Itulah gerakan pertama anti kebodohan di negeri ini," kata Rizal.

Namun demikian dia masih prihatin karena hingga kini Indeks Pembangunan Manusia di negeri ini masih saja rendah, tertinggal di bawah Singapura, Malaysia, Thailand.

"Masih banyak yang susah untuk masuk kuliah karena biaya yang mahal," ujar Menteri Perekonomian era Abdurrahman Wahid ini.

Sementara itu pimpinan Pondok Pesantren Gontor KH Ahmad Suharto beserta ribuan santri mendoakan Rizal dan negeri ini agar dalam waktu cepat dapat berubah menjadi lebih baik.

"Mari bersama Pak Rizal Ramli saat ini kita teruskan perjuangan melawan kemiskinan, melawan kebodohan. Mari kita lakukan jihad ekonomi," seru KH Ahmad Suharto yang secara serempak diamini oleh para santri.[wid]