SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Thursday, July 12, 2018

Satgas Sektor 10 Citarum Harum Terus Gencar Menata Bantaran dan Sungai Citarum





 BANDUNG, 60MENIT.COM – (11-07-2018) Pagi yang dingin menusuk pasukan siliwangi satgas sektor 5 citarum harum disertai beberapa warga yang bergabung dalam satuan itu melaksanakan apel pagi, hal ini dibiasakan oleh tiap hari oleh pasukan siliwangi, demi meningkatkan jiwa korsa prajurit, apalagi sekarang lagi menggarap pembenahan wilayah dalam hal meningkatkan struktur agregat dengan penyeimbangan derajat PH tanah dan penataan tekstur tanah yang masih perlu dikerjakan.

Kol. Inf. Sulistiono (Dansektor 10 Citaum) kepada 60menit.com menyampaikan “ Agregat tanah yang ada di wilayah rajamandala ini masih banyaknya tumpukan limbah kapur yang mungkin karena inilah derajat keasaman (PH) tanahnya sangat tinggi, sehingga hanya beberapa tanaman saja yang bisa tumbuh, maka saat ini kami selalu melakukan giat penanaman pohon jenis tanaman keras (Phn. Plamboyan diantaranya) yang nantinya bisa menyeimbangkan struktur agregat tanah tersebut walaupun beberapa tahun kedepan lamanya” ucap kolonel.


Hari ini sektor 5 melaksanakan giat secara tertib dengan menugaskan beberapa subsektor dengan wilayah yang berbeda, yaitu subsektor 1 Terdiri dari unsur Arhanud 3/YBY, Kikav 4, Armed 5, Tim Gabungan Zidam, Kesdam dan Bintal serta masyarakat setelah melaksanakan apel pagi yang dipimpin oleh Peltu Hari S melanjutkan kegiatan pemasangan penahan disekitar lubang yang akan ditanami pohon flamboyan dengan menggunakan batang pohon pisang agar lobang tersebut tidak tertimbun material sampah ataupun tanah, pembersihan sampah, rumput dan alang2 di sepanjang bantaran S Citarum di RT 02/RW 25 Kp Cisameung Ds Rajamandala Kulon.


Tim/unsur dari Kikav 4 dgn kekuatan 20 orang dipimpin Sertu Ferry W melaksanakan pembersihan parit-parit dan membenahi aliran air anakan S, Citarum di sekitar RT 01 RW 25 Kp Cisameng Ds Rajamandala Kulon, tim/unsur gabungan zidam, Kesdam dan Bintal dengan kekuatan 16 orang dipimpin Kapten Arh Rony Abdurahman melaksanakan kegiatan sosialisasi door to door tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan di wilayah RT 03 RW 25 Kp Cisameng Ds Rajamandala Kulon, pembersihan sekitaran sungai cisameung RT 03 RW 25 Ds Rajamandala Kulon, tim/unsur dari Armed 5 dgn kekuatan 4 orang dipimpin Sertu Ansori melaksanakan giat penggalian lubang dilanjutkan pemberian pupuk kompos untuk penanaman pohon flamboyan di sepanjang kiri kanan jalan RT 01 RW 25 Kp Cisameng.

Subsektor 2 yaitu tim/unsur rider 300 dengan kekuatan 28 orang dipimpin Koptu Sugeng H melaksanakan giat pembuangan material limbah kapur di samping kanan kiri jalan dan melanjutkan pembuatan lubang serta penggunaan pupuk urea di lubang dan memberikan tanda dilubang serta penyiraman ke dalam lubang untuk tanaman flamboyan di sepanjang kiri kanan jalan RT 01 RW 25 Kp Cisameng, pembersihan sampah dan semak belukar sekitaran sungai di RT 01 RW 10 Kp Bantar Caringin Ds Cihea dari sampah sisa tebangan dan membakarnya di satu tempat. 


Kondisi tanah umumnya bebatuan besar besar dan membutuhkan alat khusus untuk dapat benahi tanah tsb terutama untuk pembuatan lobang tan aman sangat dibutuhkan alat yang memadai sementara ini satgas hanya menggunakan peralatan tradisonal yang sangat sederhana. 


"Yang terjadi selama kegiatan yaitu pada pagi dan sore hari di S. Citarum tercium bau menyengat tajam yang jika tercium oleh orang yg tdk terbiasa mencium bau tersebut akan menimbulkan mual mual dan muntah muntah. Hal ini sangat mengganggu kehidupan lingkungan masyarakat sekitarnya, yamng mungkin satgas sektor 10 setelah membereskan penataan lingkungan akan bergerak memeriksa perusahaan yang mungkin masih membuang limbahnya tanpa pengelolaan IPAL ke sungai citarum" Pungkas Kolonel. (Zhove)


Post a Comment