-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sektor 10 Citarum Harum - Perbanyak Pupuk Kompos Untuk Pulihkan Lingkungan Dari Kegersangan Limbah Kapur

60menit.com
Selasa, 24 Juli 2018


Anggota Satgas Sektor 10 bersama Pengelola Kompos Sarimukti (Tomi Saudara)


BANDUNG, 60MENIT.COM - (24-07-2018) Posko Sektor 10 Citarum Harum dalam pembenahan bantaran sungai citarum terutama dalam peningkatan daya kesuburan tanah dilingkungan sektor 10 yaitu Rajamandala Kulon kini Pasukan Siliwangi Satgas citarum harum hari ini ngambil pupuk di TPK Sarimukti.

Dalam segi kualitas bahwa kompos yang ada di TPK Sarimukti ini adalah merupakan kompos yang terbaik, karena terlihat dari bahan dasarnya adalah berasal dari komposisi sampah organik sayuran dan buah"an. 

Kolonel Infanteri Sulistiono (Dansektor 10) menyampaikan pada 60menit.com "Mudah2 an lebih banyak industri seperti ini agar kebutuhan pupuk kompos yang ramah lingkungan dapat terpenuhi untuk sehat semua aspek" Ucapnya.



Dalam pelaksanaan karya bakti satgas Sektor 10 Citarum harum yang dibantu KKN Mahasiswa Tematik UPI ini  membenahi lingkungan warga yang tampak gersang terkontaminasi oleh limbah kapur sehingga derajat keasaman tanah (PH) saat ini tampak tinggi, sehingga upaya untuk normalisasi tekstur dan serasi tanah sehingga butuh pemupukan yang cukup banyak, diantaranya penimbunan kompos dalam tanah harus banyak pula supaya.

Ketika ditanya 60menit.com tentang andilnya warga sekitar dalam giat ini Sulis (Panggilan akrap Kol. Inf. Sulistiono) mengatakan "Warga setempat dalam semua kegiatan harus terlibat, hal ini sebagai upaya dari kami sebagai EDUKASI belaka, yang nantinya diharapkan apabila tugas kami selesai di wilayah ini maka yang akan meneruskan adalah warga setempat". Pungkasnya. (Zhove)