SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Wednesday, August 29, 2018

Sektor 10 - Reboisasi Rajamandala Kulon Salahsatu Bentuk Pendukung Revitalisasi Sungai Citarum


Pohon Plamboyan Hasil Reboisasi Satgas Sektor 10 di Rajamandala Kulon (Kp. Cisameng)

BANDUNG, 60MENIT.COM - Rabu (29-08-2018) Sektor 10 Citarum Harum yang di pimpin oleh Kol. Inf. Sulistiono terus lakukan giat penanaman pohon dan pemeliharaan bantaran sungai.


Pohon yang baru tertanam Kol. Inf. Sulistiono (Dansektor 10) menyampaikan pada 60menit.com Selasa (28-08-2018) di posko rajamandala kulon "Penanaman pohon bambu hitam sepanjang 7.5 km. Saat ini lubang baru sekitar 1.5 km. Unt pohon flamboyan sdh 135 pohon sdg bersemi. Jadi kita bersabar untuk aksi yang lebih" Tegasnya.

Daerah Rajamandala Kulon sebenarnya termasuk daerah hijau namun di Kampung Cimsameng dan Cihea banyak tumbuh rumput serta Alang Alang yang kini satgas Citarum Harum Sektor 10 terus bergerilya membersihkannya, adapun tanaman keras yang ada hanya pohon mangga dan pohon tanaman konsumtif bagi warga setempat.

Kol. Inf. Sulistiono berinisiatif untuk menanam pohon tanaman keras Plamboyan untuk di pinggiran jalan dan lingkungan sebagai bentuk penghijauan dengan harapan tanaman ini akarnya bisa mensuplai unsur N dari udara sehingga akan menyempurnakan tekstur tanah terutama AERASI tanah seimbang, sedangkan di pinggiran sungai Citarum ditanami Pohon Bambu Hitam guna selain penambah keindahan juga bisa dijadikan penahan longsor pada sungai.

Pohon Plamboyan Mulai Tumbuh Subur di Rajamandala Kulon - Hasil Reboisasi Satgas Sektor 10 Citarum Harum

Penghijauan sangat diutamakan karena tanah di daerah ini sebenarnya gersang karena mengandung zat kapur yang berlebihan, sehingga pasukan Siliwangi Sektor 10 mengutamakan penghijauan sebagai rangkaian Pelaksanaan Revitalisasi Sungai Citarum yang sudah jadi Program Nasional. (Zhove)
Post a Comment