SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Monday, September 3, 2018

Edi Hendardi : Ormas BBC Lex's KBU Akan Gelar Sawala Budaya Sunda 2018


Ketua BBC Lexs KBU Edi Hendardi (kanan)
bersama Ketua Umum Ormas BBC H.Mugi Sudjana

KAB.BANDUNG BARAT, 60MENIT.COM - Budaya adalah roh kehidupan yang harus dijaga, ini adalah himbauan secara etimologis memiliki kekuatan spiritual yang perlu diberdayakan, maka secara terminologis kehidupan ini harus memiliki kebudayaan yang jelas bukan campuran, apalagi cangkokan.

Begitu juga dengan makanan khas daerah yang perlu diangkat agar antusias masyarakat agar antusiasme masyarakat kepada makanan khas daerah tetap terjaga. Kabupaten Bandung Barat (KBB) adalah salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak adat istiadat  dan sejarah pahlawan yang sangat banyak.


Tak ketinggalan makanan khas daerah, akan tetapi adat istiadat dan makanan khas tersebut sudah banyak yang ditinggalkan. Hal inilah yang melatar belakangi akan diselenggarakannya kegiatan Pagelaran Seni Budaya Sunda dan pelestarian Lingkungan Hidup pada 12 September 2018 mendatang.

Menurut Ketua Panitia Acara yang juga menjabat Ketua Ormas Buah Batu Corps (BBC) Lex's Brother Bandung Utara yaitu Edi Hendardi, Kegiatan yang akan digelar pada  di lokasi area parkir Bandung Tree Top Adventure Park Cikole Lembang ini dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke - 73 yang bekerjasama dengan masyarakat peduli seni budaya dan lingkungan.

 "Tema kegiatan yaitu : Dengan pergelaran seni budaya  kita kembangkan  semangat masyarakat beradat dan berbudaya sebagai identitas bangsa lewat apresiasi yang kreatif. Adapun tujuan kegiatan diantaranya untuk memotivasi pembentukan sikap terhadap adat dan seni budaya", terangnya.

Tujuan lainnya lanjut Edi, Untuk mempertahankan kebudayaan Sunda dari mulai segi pakaian dan pelestarian makanan khas Jawa Barat. Juga untuk mengembangkan semangat dalam pengembangan kesenian tradisi, kemudian untuk menambah kekreatifan pecinta adat dan seni budaya dalam melaksanakan suatu pergelaran yang menarik.

"Yang tak kalah penting sebagai benteng arus globalisasi budaya asing yang masuk ke negeri kita yang tidak sesuai dengan nilai - nilai keluhuran budaya kita, dan untuk melestarikan alam sumber daya alam hayati yang mana hutan merupakan sumber penyangga kehidupan ekosistem.

Target yang ingin dicapai dari event ini yaitu berkembangnya adat budaya dengan baik dan menjadi ruh dalam tatanan bermasyarakat, berkembang dan majunya seni Tradisi Sunda, meningkatnya minat masyarakat terhadap pemberdayaan makanan khas daerah", sebut Edi.

Ditambahkannya bentuk acara yang akan digelar antara lain pementasan Seni Budaya Sunda, bazaar kuliner (makanan khas daerah/tradisional), pameran kerajinan tangan dan adat (tikar pandan, kerajinan dari bambu, pangsi dan lain-lain)", ungkapnya saat ditemui di Kantor Sekretariat Panitia Jalan Cipaganti Bandung. (Yusman)

Post a Comment