Header Ads

Dansektor 22 - Hingga 450 Kg/Hari Pup Yang Dibuang Langsung Warga Cicendo Hingga Cemari Sungai Citepus


Kol. Inf. Asep Rahman Taufik Ketika Survay Di Kec. Cicendo
("20-09-2018)

BANDUNG, 60MENIT.COM - Kamis (20-09-2018) Kolonel Inf. Asep Rahman Taufik (Dansektor 22) hari ini kunjungi Camat Kecamatan Cicendo digandeng Prof. Ir. Doddy Abdassah, M.Sc., Ph.D. (Presiden Rotary Kota Bandung) yang di sambut dan ditemui oleh Sekcam Cicendo.



Kunjungan Dansektor 22 beserta rombongan ke Kecamatan Cicendo adalah terkait Revitalisasi Sungai Citarum, yang keberadaan di wilayah Cicendo adalah Anak Sungai Citarum (Sungai Citepus) dan Cucu Sungai Citarum (Sungai Cikakak) yang kena dampak limbah Kotoran Manusia (Pup).



Ketika Rapat Ttg. Kunjungan Ke Kec. Cicendo
Limbah Pup yang langsung dibuang warga ke sungai tersebut dikarenakan warga seputaran sungai tidak memiliki septick tank pribadi dirumahnya, yang selama ini belum terpikirkan oleh Pemerintah Setempat.



Memaparkan Tujuan
Dansektor 22 mengatakan pada wartawan 60menit.com dilokasi kunjungan, "Hal ini merupakan kewajiban kami sebagai Satgas Citarum untuk menertibkan limbah apapun yang mengotori sungai, termasuk anak, cucu, cicit, janggal wareng dan udeg udeg Sungai Citarum karena semuanya ini bermuara di Sungai Citarum" Tegasnya.



"Melihat kondisi saat ini menurut survei yang saya lakukan ke Puskesmas bahwa warga Kecamatan Cicendo ada 3.000 KK warga yang yang tinggal dibantaran sungai dan tidak memiliki septick tank, sehingga mereka buang Pup nya langsung ke sungai diprhitungkan hingga 450 Kg. Per Hari " Lanjutnya.



Di Lokasi Bakal Pembuatan Septic Tank Komunal RW.07 Kel. Arjuna


"Kami ingin menertibkan hal ini dan diskusi dengan organisasi ROTARY akhirnya ada pemecahan dengan Pembuatan Septic Tank Komunal, semua biaya ditanggung oleh Rotary" Pungkas Dansektor.



Prof. Ir. Doddy Abdassh, M.Sc., P.Hd. (Pres. Rotary Kot. Bdg) mengatakan, "Rotary adalah sebuah lembaga sosial yang mengerjakan semua kebutuhan manusia secara sosial, salahsatunya kami telah mengadakan kegiatan bersama Rumah Sakit Mata Cicendo dengan giat mengadakan Operasi Katarak buat warga yang tidak mampu, alhamdulillahi semua berjalan lancar dengan jumlah 150 orang matanya yang dioperasi secara gratis, dan sekarang kami menggandeng Program Citarum Harum bersama Dansektor 22 yang ada di Kota Bandung dengan kegiatan membuat Septic Tank Komunal yang ada di Cicendo" Jelasnya.



Dudi seorang masyarakat Cicendo mengungkapkan, 'Saya sangat setuju sekali dengan adanya program Pembuatan Septic Tank Komunal ini, karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang ada di bantaran sungai Cikakak dan Citepus yang selama ini Pemerintah belum memikirkan hal ini, tapi kami harap pula untuk pemeliharaannua setelah jadi tentang penyedotan septic tank ini" Ujarnya.



Dalam operasinya Dansektor 22 yang didampingi oleh Lurah Arjuna dan Sekcam Cicendo dan grup dari Rotary menyurvei lokasi pembuatan septic tank komunal yang berada di RW.06, RW.07 dan RW.08 di Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo. (Zhove)
Post a Comment