SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Tuesday, September 18, 2018

Pangdam III Siliwangi Kunjungi Pengerukan Sungai Oxbow Sektor 6 Citarum






BANDUNG, 60MENIT.COM - 18-09-2018 Kol. Inf. Yudy Zanibar (Dansektor 6) Upayakan pengerukan sungai yang kini tampak sedimentasi mulai terlihat didukung mengeringnya Sungai Citarum, Oxbow Selasa (18-09-2018).

Kol. Inf. Yudi Zanibat
Dansektor 6 memaparkan pada awak media "Sebenarnya tidak ada program dalam pengerukan namun ini hasil rapat koordinasi bersama Menko Maritim mumpung sungai dalam kondisi kering maka ada kebijakan untuk mengeruk sungai diperkirakan sampai 4 m kedalaman dari  Sedimentasi ke bawahndan bantaran ini akan kita benahi seperti lapangan bola, hal ini dilakukan dalam pendukungan Revitalisasi Sungai Citarum" Paparnya.



"Perihal limbah yang ada di Oxbow hanyalah limbah sampah rumah tangga, tidak ada limbah pabrik yang buang langsung ke oxbow" Lanjut Dansektor 6.



Mayjend. TNI Besar Harto Karyawan, MT. (Han) (Pangdam III Siliwangi) setibanya di Oxbow langsung Investigasi putaran oxbow didampingi Dansektor 6 Citarum Harum, Camat Baleendah, Polres Bandung, Danramil Dayeuhkolot, LSM dan Awak Media.





Pangdam III Siliwangi menyampaikan pada awak media "Disini sering terjadi banjir walaupun lebar sungai kisaran 60 m, kita lihat sekarang betapa dangkalnya makanya kita keruk mumpung sungai lagi kering, dan ini bukan proyek BBWS, ini murni inisiatif Karya Besar pasukan maung siliwangi yang mengerjakan" paparnya.



"Saya prihatin melihat kondisi Sungai Citarum saat ini dan perlu dukungan pemerintah dalam upaya merevitalisasi, apalagi para pengusaha industri yang selama ini membuang limbahnya langsung ke sungai, Pengusaha Dableg seperti ini bila perlu suruh nyemplung seharian di citarum, atau perlu kita beri sanksi  sosial jangan hanya mengeruk keuntungan saja, harus perhatikan pula masyarakat jangan jadi korban lingkungan dan penceremaran citarum"



'Sudah di upayakan dengan pengecoran saluran limbahnya, ternyata dari 73 pabrik ada 40 pabrik yang mampu membereskan IPAL nya hanya 11 hari, artinya mereka punya IPAL tapi sidak dipungsikan, ini pengusaha yang Dableg yang tidak ada kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan" Lanjut Pangdam.



Dalam kunjungan Pangdam III Siliwangi ke oxbow merupakan kepedulian terhadap sungai citarum yang kini Pasukan Siliwangi bergerak menampilkan Karya Besar Maung Siliwangi untuk pembenahan Sungai Citarum. (Zhove)
Post a Comment