Media Dimensi Grup

Selamatkan Sungai Citarum Sektor 22 Pasang Jaring Sampah Dibeberapa Sungai di Kota Bandung


Tampak Dansektor 22 Setelah Pemasangan Jating Sampah di Sungai Citepus Wilayah Kec. Cicendo


BANDUNG, 60MENIT.COM - (13-02-2019) Sektor 22 Citarum Harum antisipasi sampah sungai yang mengalir ke induk Sungai Citarum kini pasang jaring sampah di Sungai Citepus wilayah RW.08 Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo Kota Bandung.


Pemasangan jaring sampah ini dihadiri oleh Camat Cicendo / Plt. (Aa Nurullah), Tantrib Kecamatan Cicendo (Edo), Kasi Kesbang, Lurah Arjuna / Plt. (Ganjar Budi), Kasi Fasilitas Kebersihan LHK Kota Bandung (Rissa Dwi Susanti, SP) dan Pasukan Gober Kelurahan Arjuna beserta tokoh masyarakat Kelurahan Arjuna, Rabu (13/02)



Kolonel Inf. A. Rahman Taufik (Dansektor 22 Citarum) memaparkan betapa pentingnya kebersihan sampah dan lingkungan, hal ini akan mengangkat harkat derajat juga martabat Bangsa dan Negara maka Presiden Jokowi mengeluarkan Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018 tentang Revitalisasi Sungai Citarum.


Dengan pemasangan jaring sampah memiliki maksud dan tujuan supaya sampah yang mengalir di sungai bisa dikelola dengan baik dan tidak mengalir ke Sungai Citarum, bahkan pernah dipasang sebanyak 112 jaring karena sungai yang ada di Kota Bandung banyak pula, yaitu dari 8 anak Sungai Citarum, 46 cucu sungai dan 126 sungai dari kepanjangan 262 KM Sungai.


Hal ini untuk mengeleminir pengiriman sampah sungai ke saluran Sungai Citarum, karena sudah menjadi berita umum bahwa Kota Bandung adalah salah satu pengirim sampah terbesar ke Sungai Citarum" Tutur Kolonel.



"Pemasangan Jaring Sampah ini dengan alat hidrolik supaya memudahkan bagi operator pemeliharaan sungai untuk mengangkat sampah, dan perlunya dukungan dari para pihak demi pencapaian yang sempurna dalam Kebersihan Sungai" Imbuh Dansektor.


Apresiasi dari pemerintah setempat berupa dukungan dari Kecamatan Cicendo dan kewilayahan yaitu para lurah yang akan memelihara jaring sampah dalam pemeliharaan sehari-harinya oleh Pasukan Gober.


Camat Kecamatan Cicendo (Aa Nurullah) menyampaikan, "berkat adanya program citarum harum kami dari Pemerintah Kota Bandung sesuai dengan himbauan Walikota Bandung bahwa Program Citarum Harum ini sangat beririsan dengan adanya program Kang Pisman, sehingga kami pun merasa terbantu dalam mensosialisasikan program tersebut" Jelas Camat.


"Yang mana program Kang Pisman ini selain menjaga Kebersihan Kota juga kebersihan Sungai, hingga mempunyai nilai ekonomis yaitu akan membantu penghasilan tambahan warga, sehingga program citarum harum dengan Program Kang Pisman merupakan tindakan yang tepat dalam apresiasi terhadap Citarum Harum" Pungkasnya Camat Cicendo.


Rissa Dwi Susanti, S.P.
Hal senada ditegaskan oleh Kasi Fasilitas Kebersihan LHK Kota Bandung (Rissa Dwi Susanti, S.P.), sebagai pendukungan pada Program Citarum Harum bahwa DLHK telah memfasilitasinya dengan program kewilayahan selain diciptakannya Program Kang Pisman juga dengan pengadaan jaring sampah, yang telah di pasang pada beberapa sungai yang ada di Kota Bandung.


Ganjar Budi
Sebagai penegasan dari kewilayahan yaitu Lurah Arjuna / Plt. (Ganjar Budi) bahwa program citarum harum telah menggugah keseharian warga sehingga dari kelurahan se Kota Bandung telah membentuk Pasukan Gober yang setiap harinya membersihkan lingkungan dan sungai merupakan pendukungan pada Program Citarum maupun pelengkap dari Program Kang Pisman, di Kelurahan Arjuna telah dibangun dua titik jaring sungai yaitu di RT.05 dan RT.09 pada Sungai Citepus. (Zhove).

No comments