-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Peringati Hari Bumi, Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim Adakan Giat Tanam Pohon di Cisanti

60menit.com
Minggu, 21 April 2019


Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim
Dalam Giat Tanam Pohon di Cisanti (21/04/2019)
____________________________________________________


BANDUNG, 60MENIT.COM - Minggu (21-04-2019) Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim, Ketua harian Satgas Citarum Harum, memimpin gerakan penanaman pohon di Wilayah Cisanti dalam rangka Hari Bumi Nasional.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua BEM UI (Torik), Devisi Humas UNPAD (Riszky), Rama, Khonsabiyyah, Tim PT. Artagraha, Satgas Sektor Pembibitan dan Sutisna.



Penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian memperingati "Hari Bumi" yang jatuh pada tanggal 22 April 2019 yang dipelopori oleh Ketua BEM UI bergabung dengan Mahasiswa Unpad dalam pelaksanaan penanaman pohon di lokasi rest area 0.3 Sektor 1 Citarum Harum.

Mayjen TNI (Purn) Dedi sebagai ketua harian program citarum harum, menyampaikan, "Penanaman pohon ini dalam rangkaian Hari Bumi Nasional, yang jatuh pada tanggal 22 April 2019, penanaman pohon ini diberi tema Penanaman Bleug-bleugan, dengan harapan bahwa semua unsur lapisan masyarakat supaya bisa mengembangkan dan memelihara pohon tanaman keras" Ucapnya.

"Apabila tanaman keras seimbang dengan lokasi alam maka tingkat erosi akan berkurang bahkan tidak akan terjadi lagi, maka kepada semua pihak jangan menyepelekan penghijauan kalo ingin menyelamatkan alam, utamanya mengurangi bahaya banjir, longsor dan menjaga keseimbangan udara karena kita berada dalam lokasi Cekungan Bandung" Imbuhnya.



Dengan menanam pohon sebagai program penghijauan merupakan salah satu bentuk pendukungan pada Program Citarum Harum, sebagai salah satu upaya memakmurkan tanah dan menjaga keseimbangan air tanah sehingga aerasi dan derajat keasaman tanah (PH tanah) akan berimbang pula.

Beberapa kegiatan yang pernah diadakan dalam upaya penyelamatan alam dengan melakukan penanaman pohon oleh berbagai pihak, namun hal ini masih perlu terus dilakukan dikarenakan alam yang masuk dalam wilayah Cekungan Bandung sudah tidak seimbang lagi, karena lahan hijau seharusnya berisi tanaman keras kini sudah banyak beralih fungsi menjadi lahan pertanian dengan di tanami tanaman palawija.



Sebagai tindakan percepatan program Citarum Harum, dipimpin oleh ketua harian sekretariat citarum harum (Mayjen TNI (Purn) Dedi Kusnadi Thamim) bersama puluhan mahasiswa menanam pohon di dataran tinggi, tepatnya di wilayah sektor 1 Citarum Harum, dengan perhitungan lahan yang masih perlu ditanam pohon keras. (Zhove)