-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Zaiful Bokhari Audiensi Dengan 9 Etnis Ikatan persaudaraan Muakhei Persiapan Festival Kebangsaan

60menit.com
Jumat, 23 Agustus 2019

60Menit.com - Bupati Lampung timur Zaiful Bokhari menerima 9 Etnis yang telah melakukan ikatan persaudaraan Muakhei dengan bupati,

SUKADANA, 60MENIT.COM - Bupati Lampung timur Zaiful Bokhari menerima 9 Etnis yang telah melakukan ikatan persaudaraan Muakhei dengan bupati Lampung timur Rabu, (21/08/2019) diruang kerjanya.

terkait kesiapan mereka menggelar Festival Kebangsaan dilapangan kecamatan Sukadana pada hari Minggu, 25 Agustus 2019 besok.

Delapan etnis pendatang dari berbagai daerah yang tinggal di Kabupaten Lampung Timur, mendapatkan gelar adat yang diberikan oleh masyarakat asli Lampung, Pemberian gelar adat kepada warga asal Jawa, Bali, Bugis, Batak, Banten, Sunda dan Palembang itu Dinamai Budaya Muwaghei yang digelar Pemerintah Kabupaten Lampung Timur di halaman depan kantor pemkab tepat nya setahun yang lalu yang di fasilitasi oleh Badan Kesbangpol Lamtim di Sukadana.

60Menit.com
Masyarakat adat asal Jawa diberi Gelar Raden Puja Kesuma, warga dari Bali diberi gelar Raden Putra Dewata Agung, warga Bugis diberi gelar Raden Putra Daeng.

Kemudian, warga Batak diberi gelar Raden Putra Sorimangaraja atau Sri Maharaja, warga Banten diberi gelar Raden Tatar Pasundan, Sunda diberi gelar Raden Tatar Pajajaran, Minang diberi gelar Raden Putra Pagaruyung, dan masyarakat adat dari Palembang diberi gelar Raden Putra Sriwijaya.

Budaya Muwaghei merupakan wujud tekad pemerintah daerah setempat untuk melestarikan adat dan budaya yang ada di Lampung Timur.

 "Pemerintah Kabupaten Lampung Timur di bawah kepemimpinan pak Zaiful Bokhari berkomitmen tinggi melestarikan adat dan budaya yang ada di Lampung Timur,"     

Kepala Badan Kesbangpol Lampung timur, Syahrul Syah saat ditemui di kantornya,                    Dia juga mengatakan, Untuk mensosialisasikan nilai-nilai Muakhei atau persaudaraan dengan masyarakat luas itulah maka nya diadakan kegiatan ini,  kita lanjutkan tahun ini dengan mengelar Festival Kebangsaan, melalui komunikasi seni dan budayanya"., Kita meyakini bahwa seni dan budaya adalah bahasa yang paling  sederhana yang bisa dimengerti oleh semua etnis sehingga terus akan memunculkan saling pengertian , keakraban dan kebersamaan antar etnis di wilayah ini, dan itu menjadi tugas Badan Kesbangpol untuk merewatnya Pungkasnya.

Adapaun kegiatan festival budaya Kebangsaan ini akan di gelar di lapangan Sukadana Darat kecamatan Sukadana kabupaten Lampung timur.

(Tarmizi) PPK