-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Tim Penanggulan Bencana Kodim 0603/Lebak Berhasil Selamatkan 9 Orang Korban Longsor

60menit.com
Minggu, 08 Desember 2019


60menit.com
60MENIT.COM, Lebak, - Tim Penanggulangan Bencana Kodim 0603/Lebak Korem 064/MY berhasil menyelamatkan 9 orang korban yang terjebak  longsor tambang emas di Kecamatan Cibeber Kabupaten Lebak, Sabtu (7/12/2019).

60menit.com
Tim Penanggulangan Bencana Kodim 0603/Lebak dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Kepolisian, BPBD, SAR, PMI dan Relawan serta masyarakat. Akibat dari longsor tersebut, terdapat beberapa daerah terkena dampaknya, diantaranya akses jalan Provinsi dan poros jalan desa masih terputus akibat tinbunan material tanah.

Saat ini kondisi debit air dialiran sungai Cimadur sudah normal, masyarakat juga sudah mulai kembali ke rumahnya masing-masing.

60menit.com
Tim Penanggulangan Bencana Kodim 0603/Lebak yang bergabung dengan Tim lainya, pasca terjadinya longsor yang disebabkan curah hujan yang tinggi dan luapan sungai Cimadur, melaksanakan pembersihan material longsor yang menutup akses jalan Gunung Luhur dan Desa Ciusal.

Pada kegiatan itu, Dandim 0603/Lebak mengerahkan personil gabungan yang terdiri dari, personil Kodim 0603/Lebak, BPBD Kab. Lebak, SAR Lebak, PMI Lebak, Ormas/Relawan dan Masyarakat untuk mengatasi keadaan di lokasi bencana, serta di bantu dengan menggunakan 5 unit alat berat.

60menit.com
9 orang masyarakat yang terjebak longsor dilubang bekas tambang emas berhasil diselamatkan oleh Tim Penanggulangan Bencana Gabungan Kodim 0603/Lebak, selanjutnya diadakan pemeriksaan medis oleh  PMI Kab. Lebak.

Menanggapi kejadian tersebut, Dandim 0603/Lebak Letkol Kav Yudha Setiawan menjelaskan, " pasca terjadinya longsor akibat curah hujan yang tinggi dan luapan sungai, personil tim  penanggulangan bencana gabungan terus malakukan pendataan agar tidak terdapat lagi korban akibat longsor. Kemudian tim melakukan pembersihan material yang menutup jalan akibat longsor, dan tim melakukan siaga untuk mengantisipasi terjadinya banjir susulan", jelas Dandim (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).