-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Dandim Solo Ikut Dampingi Menteri Pertanian RI Pantau Harga Kebutuhan Pokok

60menit.com
Kamis, 13 Februari 2020


60menit.com
60MENIT.COM, Surakarta - (13/02/2020) Dandim 0735/Surakarta Letkol Inf Wiyata S Aji, SE, MDS bersama Forkopimda Kota Surakarta dan Instansi lainnya mengikuti Operasi Pasar yang di laksanakan di depan Pasar Gede Solo oleh Menteri Pertanian dan Dinas Pertaniaan. Operasi pasar ini dilaksanakan dengan sasaran cabe merah besar, cabe merah kriting dan bawang putih.

Dalam hal ini pemerintah mengadakan operasi pasar di 5 pasar yang ada di kota Surakarta, dengan harga cabe merah rawit @ Rp. 30.000,-/ kg, cabe merah @ Rp. 30.000,- /kg bawah putih @ Rp. 30.000,- /kg, yang selama ini di pasar harga cabe dan bawang putih @ 1 kg mencapai Rp. 60.000 lebih.

60menit.com
Pemerintah dalam mengadakan operasi pasar kali ini menghadirkan Menteri Pertanian, Sahrul Yasin Limpo yang dalam sambutannya mengatakan, bahwa harga cabe dan bawang putih dipasaran yang akhir-akhir ini naik di picu dari distributor yang menampung bawang putih dan Cabe. Menurutnya, pihak distributor mengeluarkan kepasar dengan cara sedikit - sedikit, seolah olah bahwa pasokan dari petani tidak ada bahkan menghembuskan isu bahwa virus corona penyebab mahalnya harga bawang putih dan cabe di pasaran.

Namun menurut Menteri Pertanian pada saat menjelaskan duduk persoalanya, Sahrul Yasin Limpo mangatakan bahwa dirinya sudah mengecek secara langsung di lapangan, bahwa itu tidak benar. Hal tersebut dikarenakan semua permainan dari distributor.

60menit.com
Mengetahui hal ini, maka Menteri Pertanian bekerja sama dengan dinas perdagangan dan ketahanan pangan mengadakan operasi pasar yang di adakan di seluruh Indonesia termasuk di Kota Solo, dengan jumlah bawang putih Cincow 12 ton l, Cabe merah rawit 5 ton, cabe merah biasa 5 ton, di 5 pasar yang berlokasi di Kota Solo dan Kota Jogyakarta. Di Kota Solo sendiri terdiri dari Pasar Gede (Kec.Jebres), Pasar Harjosaksino (Kec. Serengan di Pasar Danukusuman), Pasar Rejosari (Kec. Jebres), Pasar Nusukan ( Kec.Banjarsari) dan Pasar Gading (Kec. Pasar Kliwon). Dengan di adakannya operasi pasar tersebut, diharapkan pemerintah dapat membantu masyarakat di sekitaran wilayah Surakarta dan sekitarnya.

Hadir pada kegitan tersebut, Menteri Pertanian Drs. H. Sahrul Yasin Lippo SH. MSI. MH, Anggota DPR RI Eselon IV Lulu, Wakil Walikota bpk. Drs. H. Ahmad Purnomo, Kapolresta Surakarta Kombes Pol. Andy Rifai SIK, Dandim 0735/Ska Letkol Inf Wiyata S. Aji SE. MDS, Kadin Perdagangan Kota Surakarta  Ir. Heru Sunardi MM, Camat Jebres Sulistyorini STP dan Lurah Se-Kecamatan Jebres (T.Pro/Agus Kemplu)