-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Satgas Sektor 22 Citarum Sub 06, Raih Kewilayahan Pada Karyabakti

60menit.com
Rabu, 26 Agustus 2020
Loading...

60menit.com - Pelda Mulyanto (Dansub 06-22) pada pembersihan gabungan di Sungai Cikendal Cigondewah Kaler, Rabu (26/07).

60MENIT.com, Bandung | Satgas Citarum Harum Sektor 22 Sub 06 dipimpin oleh Pelda Mulyanto, merekrut aparat kewilayahan dan UPT DAS DPU Kota Bandung pada pembersihan Sungai Cikendal Rw. 01 Cigondewah Kaler, Bandung Kulon, Rabu (26/08).

Penataan dan pembersihan sungai ditiap wilayah, Satgas Citarum Harum sektor 22 menggalakan kolaborasi ditiap kewilayahan sebagai bentuk regenerasi pemeliharaan kebersihan kedepan yang berkelanjutan. 

Pelda Mulyanto, pada kesempatan itu mengatakan, "Pada pembersihan Sungai Cikendal merupakan pembersihan gabungan antara satgas Sektor 22 Sub 06 bersama UPT DAS DPU, Kelurahan Cigondewah Kaler dan aparat Kecamatan Bandung Kulon, forum Rw Cigondewah" ucapnya. 

Pada pembersihan ini hingga terhimpun personil 60 orang, bisa mengangkat sampah sebanyak 1 ton lebih dari sepanjang 200 m sungai yang dibersihkan. 


Dadang M. Arifin, S.Si., S.H., (Lurah Cigondewah Kaler) ketika diwawancarai awak media menyampaikan, "Kotornya ditiap sungai wilayah kami, merupakann cerminan paradigma masyarakat yang tidak bertanggung jawab, walaupun kami sudah berkampanye dan sosialisasi tentang pentingnya kebersihan, namun masih diabaikan," katanya. 

Penilaian Lurah sangat jelas, paradigma masyarakatnya masih tidak mengerti betapa pentingnya makna kebersihan sungai, sampai saat ini masih banyak sungai yang dikotori sampah rumahan.

Kendati demikian, Satgas Sub 06-22 masih sportif dan setia pada tugas mulianya, dengan semangat TNI terus berkarya memelopori pada pembersihan, penataan dan penertiban kebersihan sungai.

"Apabila kedapatan warga atau siapapun yang masih membuang sampahnya ke sungai, maka kami akan bertindak Operasi Tangkap Tangan (OTT), seperti yang telah kami lakukan beberapa bulan kebelakng," tegas Mulyanto. 

Usut punya usut, daerah ini merupakan perbatasan dengan Kota Cimahi, dipelajari menurut survay awak media dilapangan bahwa sampahnya bercampur kiriman dari Kota Cimahi. 


Iptu Lasino, S.Pd. (Bhabinkamtibmas), mengatakan hal yang sama, bahwa Satgas Citarum Harum Sektor 22 sangat gigih pada pemeliharaan kebersihan sungai, maka pendukungan masyarakat dan aparat kewilayahan sangat diperlukan. 

"Untung ada satgas Citarum Sektor 22 berani bertindak tegas, sangat disayangkan masyarakat masih belum konsisten pada pendukungannya, harapan saya kedepan semoga masyarakat cepat insaf," harap Bhabinkamtibmas. 

Giat diawali dengan apel pagi, diisi materi sosialisasi penerapan dedikasi kepedulian kebersihan sungai dan lingkungan oleh Dansub 06-22 dan Lurah Cigondewah Kaler. 

Dihadiri oleh, Staf Kecamatan (pak hamdani), Satpol PP Kecamatan, Lurah Cgdw kaler (Dadang) dan Stafnya, Bhabinkamtibmas dan Forum Rw Cigondewah Kaler. 

(zhov).