-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kapolsek Baleendah Polresta Bandung Kawal Simulasi Pilkada 2020

60menit.com
Sabtu, 21 November 2020
Loading...

60menit.com |Pastikan Protokol Kesehatan, Kapolsek Baleendah Kawal Simulasi Pencoblosan Pilkada 2020

60MENIT.com, Baleendah | Polsek Baleendah Polresta Bandung melaksanakan pengamanan simulasi pemungutan dan pencoblosan contoh kartu suara Pilkada 2020 yang dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 


Kegiatan pengamanan yang dipimpin langsung Kapolsek Baleendah Akp Sungkowo dilaksanakan di Kampung Mekarsari RT.001 RW.028 Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah.


Kapolsek Baleendah Akp Sungkowo mengatakan, simulasi pencoblosan kartu suara dengan protokol kesehatan Covid-19 diselenggarakan untuk memastikan pemungutan suara di TPS berjalan aman dan sehat.


“Nanti tempat pemungutan suara (TPS), pada saat pencoblosan suara 9 Desember 2020 didesain dengan protokol kesehatan yang ketat. Sehingga petugas PPS, KPPS, Linmas, saksi dan pemilih dijamin aman dari penularan covid-19,” katanya. (21/11/2020). 


Sebelumnya para petugas penyelenggara Pilkada sudah dirapid test terlebih dahulu dan para pemilih diukur suhu tubuhnya dengan thermogun sebelum mencoblos. 


“TPS juga sudah disterilisasi terlebih dahulu dengan disemprot desinfektan. Petugas mengenakan face shield dan pemilih wajib memakai masker, menggunakan sarung tangan saat mencoblos dan selalu jaga jarak,”ujarnya.


Setelah warga menentukan hak pilihnya, sarung tangan dibuang di tempat sampah yang telah disediakan. Tinta diteteskan dijari, tidak dicelupkan seperti pencoblosan pada pemilu sebelumnya. Bagi pemilih di atas suhu normal panitia juga menyiapkan bilik khusus.


“Jadi pada simulasi pencoblosan saat ini, para pemilih dihimbau tidak berkerumun. Karena dalam undangan setiap pemilih sudah diatur waktunya, dan yang paling penting adalah para pemilih harus tetap menerapkan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)," pungkasnya. (zho)