-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Binmas Ciluluk Polsek Cikancung Polresta Bandung Bersma PU Lakukan Penambalan Jalan

60menit.com
Rabu, 31 Maret 2021

60menit.com | Binmas Desa Ciluluk Bripka Gelar Nugraha Bersma PU Bina Marga Kab. Bandung Lakukan Penambalan Jalan Provinsi Jalur Cijapati - Ciluluk.


60MENIT.com, Cikancung | Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Kabupaten Bandung terus bergerak cepat untuk memperbaiki jalan provinsi yang mengalami rusak atau berlubang. Kali ini melalui Unit Pelaksana Teknis Pengelolaan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Kabupaten Bandung melaksanakan pemeliharaan jalan dengan metode Sapu Lobang alias Salob pada ruas jalan Ciluluk-Cijapati Kecamatan Cikancung Kabupaten Bandung. Rabu ( 31/03/21 ).


Pemeliharaan dengan cara menambal jalan berlubang itu dilaksanakan secara simultan, pada tanggal 31 Maret 2021 oleh tim jalan dan jembatan pembantu UPT PJJ Kabupaten Bandung, Perbaikan ini guna memastikan keselamatan, kenyamanan dan keamananan bagi masyarakat, khususnya para pengguna jalan yang melintas diJalan Ciluluk-Cijapati tersebut.


"Kami pastikan, kegiatan Sapu lobang ini dapat meningkatkan keamanan , kenyamanan, dan keselamatan pengguna jalan. Sebab, jalan yang sudah ditambal akan kembali mulus dan kuat,” Ucap Pekeja PU.


Bripka Gelar Nugraha menjelaskan, kegiatan Salob ini sangat vital bagi keselamatan masyarakat. Sebab, sebelum dilakukan Salob, jalan raya Ciluluk-Cijapati tersebut kondisinya rusak dan berlubang. Hal ini bisa sangat membahayakan, dan rawan menyebabkan kecelakaan lalu lintas.


Penyebab utama kerusakan jalan raya Ciluluk-Cijapati tersebut karena adanyan genangan air akibat hujan deras dan saluran air yang tertutupi oleh sampah yang terbawa oleh derasnya air hujan serta banyaknya kendaraan berat yang lalu lalang, seperti Truk Puso yang membawa Sapi, Beban kendaraan itu mengakibatkan di setiap lapisan perkerasan terjadi renggangan sehingga akhirnya membuat munculnya retak pada perkerasan.


"Jika retak pada perkerasan terus dibiarkan, maka saat musim hujan tiba, bisa dipastikan air akan masuk kedalam retakan, dan mengubah retakan menjadi lubang yang semakin lama semakin besar," jelasnya.


Kapolsek Cikancung Akp. Iwan Cahyadi. S.i.kom.,MM Mewakili Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, SIK., M.M.  Mengatakan Maka itu, Binmas berkoordinasi dengan pihak PU Kabupaten Bandung agar segera melaksanakan penambalan begitu terjadi keretakkan pada perkerasan jalan. Hal ini untuk meningkatkan kemanan dan keselamatan pengguna jalan, dan meminimalisir resiko kecelakaan lalu lintas. Pungkasnya.


(hmz)