-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Satgas Sektor 22 Sub 06, Pentingnya Penataan Sungai Utamanya Ditengah Perkampungan

60menit.com
Kamis, 25 Maret 2021
Loading...

60menit.com | Anak Sungai Cikungkurak, Kel. Babakan Ciparay Kota Bandung, Kamis (25/03).

60MENIT.com, Bandung | Anak Sungai Cikingkurak bertempat di Rw 06 Kelurahan Babakan Ciparay Kota Bandung, mulai dibersihkan Satgas Citarum Harum sektor 22 sub 06 yang dipimpin Pelda Aris Santoso selaku Dansub 06, Kamis (25/03/2021).


Pelda Aris Santoso menyampaikan, pasukannya membersihkan sampah, rumput dan sedimentasi yang tercecer di aliran sungai, membentuk pemandangan yang tidak sedap di saluran yang membelah pelosok perkampungan dan menakutkan jika ada binatang yang membahayakan. 


"Mudah mudahan dengan adanya kami dari satgas Citarum Harum, bisa membawa reaksi warga supaya lebih berperan serta pada pemeliharaan sungai, supaya lingkungannya bersih dan aman," kata Aris. 


Pergerakan satgas sektor 22, secara menyeluruh gencar melakukan pemeliharaan kebersihan sungai, diharapkannya bisa mewariskan sikap proaktif dilingkungannya untuk meningkatkan rasa peduli terhadap kebersihan sungai dan lingkungannya. 



Harapan ini diungkapkan pula oleh Pelda Aris Santoso, yaitu ingin menciptakan sungai yang bersih dan sehat


"Sehatnya sungai atau lingkungan ini berawal dari kebersihannya, jika sungainya kotor jelas jauh dari kesehatan, bahkan mbawa nilai negatif kepada penduduknya," imbuh Aris. 


Pada pembersihan ini, satgas berhasil membersihkan sungai sepanjang 100 M, terangkat sampah sebanyak 25 karung 2 cator berat 250 kg.


Bukan hasil yang sedikit sampah diangkat, hal ini mencerminkan paradigma paradigma masyarakatnya, dengan suasana seperti ini satgas terus bergerak untuk melakukan komunikasi sosial yaitu mensosialisasikan program Citarum Harum. 


Patroli sungai dilakukan setiap hari oleh satgas, dengan membagi tugas pada anggotanya menelisik beberapa sungai, dan tidak segan satgaspun menyertainya dengan sosialisasi.


"Sosialisasi ini kami utamakan bagi warga yang sangat berhubungan dengan sungai, juga para tokoh masyarakat, dengan harapan pesan ini bisa diteruskan ke warga yang lebih banyak lagi," tutup Aris. 


(zho).