-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


BPBD Pangandaran Adakan Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Gempa Bumi Serta Tsunami di Parkiran Pantai Batu Karas

60menit.com
Selasa, 29 Juni 2021
Loading...

BPBD Pangandaran Adakan Apel Kesiapsiagaan dan Simulasi Gempa Bumi Serta Tsunami di Parkiran Pantai Batu Karas


60menit.com


60MENIT.COM, Pangandaran - Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tanggal 26 ini diselenggarakan oleh BPBD Pangandaran dengan dihadiri oleh perwakilan dari Tagana, FKDM, Ormas, muspika,  relawan, beberapa Kepala Desa pelaku wisata juga warga setempat.



Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan sudah ditetapkan setiap tanggal 26 itu agenda tetap apel kesiap siagaan dasar Simulasi Penanganan Bencana, dan sekarang yang kedua kalinya sejak dimulai pada bulan Mei  2021 lalu.


"Simulasi ini masih pada pola  dasar dulu, artinya bila ada gempa dan tsunami harus masyarakat sudah paham cara menyelamatkan diri dan  lari ketempat yang aman," katanya.


Kegiatan ini belum sampai kepada penanganan evakuasi korban bencana dan nantinya akan sampai pada penanganan  bencana seperti evakuasi korban  dapur umum dan sebagainya.



Sementara itu Plt Kepala BPBD Kabupaten Pangandaran Dani Hamdani sabtu,(26/06/21) menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai ajang pelatihan sehingga  bilamana  bencana gempa bumi atau tsunami  terjadi, masyarakat. Sudah memiliki kesiapan  dalam upaya menyelematkan diri dan klg nya.


"Tujuan agar masyarakat terbiasa siaga bilamana terjadi bencana," ungkapnya.


Hari ini merupakan tahap awal dalam menghadapi bencana agar masyarakat dapat mengamankan diri dan belum sampai tahap evakuasi korban.


"Setelah ini kegiatan akan terus bergilir akan menjadi agenda setiap tanggal 26", pungkas Dani.(T.Pro/Pidin/Endang.S)