-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


BENTUK KESIAPSIAGAAN TERHADAP BENCANA, SAT BRIMOB POLDA JABAR CEK TEBING RAWAN LONGSOR

Jumat, 18 Februari 2022

60MENIT.COM, Jabar - Pada akhir pekan ini sering terjadi  hujan deras yang sangat lama dan sangat deras sehingga bisa menyebabkan banjir dan longsor . Untuk wilayah lembang yang terdiri dari perbukitan dan pegunungan menjadikan tempat itu berada di ketinggian yang memungkinkan terhindar dari bencana banjir, akan tetapi sangat rawan akan longsor karena banyaknya tebing-tebing yang rawan akan terjadinya longsor. 

Satu regu Team Sar Sat Brimob Polda Jabar di turunkan untuk berpatroli di wilayah lembang khususnya tembing-tebing dan tempat rawan bencana lainnya serta anggota Sat Brimob Polda Jabar mengecek tebing di wilayah Desa Cikarembi.

Dari hasil pantauan tanah di sana terdapat tanah yang sangat rawan akan longsor bilamana terjadi hujan yang sangat deras, dimana  memungkinkan akan terjadi longsor karena tanah tersebut tidak ada penyangganya lagi.

Di himbau kepada masyarakat agar tidak lagi melakukan tindakan penggalian tanah atau  pembuatan ladang dengan penggundulan hutan dan juga di harapkan masyarakat bisa menjaga diri bilamana terjadi hujan yang sangat deras agar tidak mendekati tempat tersebut karena sangat berbahaya.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa pengecekan tebing yang dilakukan oleh Sat Brimob Polda Jabar adalah  sebagai bentuk kesiapsiagaan Sat Brimob Polda Jabar apabila sewaktu - waktu terjadi longsor. 

Dansat Brimob polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono, S.I.K  memerintahkan kepada anggota Sat Brimob Polda Jabar  Batalyon B pelopor “untuk 1 pekan kedepan agar selalu berpatroli di tempat-tempat rawan akan bencana karena cuaca yang ekstrim ini di takutkan terjadi bencana alam dan kita bisa dengan cepat membantu masyarakat  yang terkena bencana karena hitungan detik bisa merengut nyawa.” 
(Taupik)