-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Ciptakan Kamseltibcar Lantas, Kapolsek Cileunyi Pimpin Pengaturan Arus Lalin di Simpang Tol Cileunyi

Sabtu, 21 Mei 2022
Loading...

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Patroli Kewilayahan dan mengantisipasi gangguan keamanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), Unit Samapta Polsek Cileunyi Polresta Bandung rutin melakukan pengaturan lalin untuk meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalulintas serta meningkatkan kepercayaan masyarakat atas pelaksanaan tugas Polri selaku pelindung, pengayom, pelayanan masyarakat, menegakan hukum dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di wilayah hukum Polsek Cileunyi.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Cileunyi Polresta Bandung Kompol Wahyo, S.H. bersama anggotanya melaksanakan gatur lalin protap pagi hari di Simpang Tol Cileunyi guna melayani dan membantu kelancaran karyawan/karyawati dan pengguna jalan lainnya yang akan keluar masuk Gerbang Tol Cileunyi maupun arah Kota Bandung. Sabtu (21/05/2022).

Adapun kegiatan pengaturan lalu lintas ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menciptakan kamseltibcarlantas di wilayah hukum Polres Cileunyi, tidak hanya itu, ini dilaksanakan untuk meminimalisir terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," Kata Kompol Wahyo.

Kapolsek Cileunyi Kompol Wahyo, S.H. sambungnya. menjelaskan bahwa anggotanya baik fungsi Samapta maupun Lalu-lintas  rutin melaksanakan Turjawali (pengaturan, penjagaan, pengawalan dan patroli) guna memberikan pelayanan maksimal dan merubah mindset (pola pikir) masyarakat akan ketertiban lalu lintas dalam melaksanakan tugasnya,

Kapolsek memerintahkan seluruh anggota Unit Fungsi Samapta dan lalu-lintas beserta jajaran untuk menerapkan 5S dalam menjalankan tugas di lapangan.5S itu adalah senyum, sapa, salam, sopan dan santun. Jadi 5S ini harus dilaksanakan oleh jajarannya selama melaksanakan tugas dilapangan sehingga tercipta kemanan, keselamatan ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas), kata Perwira dengan bunga melati satu dipundaknya ini.

Kepada awak media Kapolsek Cileunyi menjelaskan, 5S ini merupakan wujud pelayanan prima Polri khususnya Polsek Cileunyi Polresta Bandung terhadap masyarakat sebagai pengayom Masyarakat, Kapolsek juga meminta kepada seluruh anggota untuk mengedepankan pendekatan humanis, sehingga sosialisasi tertib lalu lintas kepada masyarakat akan lebih mudah dipahami dan diterapkan di kehidupan sehari-hari.Berbekal pendekatan 5S atau humanis ini, pengendara bisa memahami tata tertib lalu lintas. Dan juga turut dalam upaya menciptakan kamsetlibcarlantas, ucapnya.

Selain itu, sambung Kompol Wahyo, S.H.,  5S ini juga dilakukan saat penindakan. Jadi petugas di lapangan akan menjelaskan secara rinci poin-poin apa saja yang dilanggar oleh si pengendara serta menjelaskan Pasal apa saja yang telah dilanggar dan kesalahan apa saja yang dilakukan oleh pengendara (pelanggar), akan dilakukan anggota dengan senyum, sapa, salam, sopan dan santun, ucapnya.

Selain itu pihaknya juga mengapresiasi tingkat kesadaran warga di wilayah hukum Polsek Cileunyi dalam berlalulintas. Wilayah Cileunyi ini lalu lintasnya bisa dikatakan, kesadaran masyarakatnya sudah bagus dan sudah tertib, pungkasnya.
(Taupik)