-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kabid Humas Polda Jabar : Ratusan Personel Gabungan Melakukan Aksi Bersih - Bersih Di Sepanjang Pantai Pangandaran

Selasa, 10 Mei 2022
Loading...

60MENIT.COM, Pangandaran - Ratusan personel gabungan melakukan aksi bersih - bersih di sepanjang pantai Pangandaran, Senin (9/5/2022).

Aksi bersih-bersih pantai Pangandaran ini adalah inisiasi dari Pamatwil Polres Pangandaran, Karo  SDM Polda  Jabar  Kombes Pol.  Drs. Solichin yang didampingi Dir Pamobvit Polda Jabar  Kombes Pol. M. Hidayat B, S.H., S.I.K., M.H. dan Dir Polair Polda Jabar Kombes Pol.  Arnafi, S.H., S.I.K., M.HUM. serta Kapolres Pangandaran Polda Jabar  AKBP Hidayat, S.H., S.I.K. bersama personel gabungan yang terdiri dari anggota Polres Pangandaran, Sat Polairud, TNI, TNI Angkatan Laut, Basarnas, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Jaga Lembur, dan stakeholder lainnya bersama masyarakat.

Sementara ditempat terpisah Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa bersih - bersih pantai merupakan suatu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian institusi Polri bersama instansi terkait terhadap lingkungan pesisir.

"Terima kasih kepada Karo SDM, Dir Pamobvit, Dir Polair serta Kapolres Pangandaran Polda Jabar yang telah menginisiasi aksi bersih - bersih ini,  sehingga pantai pangandaran menjadi indah  kembali." ucap Ibrahim Tompo.

Kapolres Pangandaran Polda Jabar  AKBP. Hidayat mengatakan, di penghujung masa liburan hari raya idul fitri 1443 H tahun 2022, ada sekitar 300 personel gabungan bersama masyarakat melakukan bersih-bersih di pantai Pangandaran.

"Sambil memungut sampah di pantai, sekaligus memberikan edukasi kepada pengunjung wisata agar tidak membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya yang sudah disediakan," kata AKBP. Hidayat.

Sudah menjadi hal yang biasa terjadi ketika musim liburan panjang seperti liburan lebaran, objek wisata di Kab Pangandaran banyak dikunjungi oleh wisatawan yang    berdampak berlimpahnya sampah.

Disatu sisi jumlah petugas kebersihan yang masih terbatas, maka pemerintah daerah mengajak segenap unsur pemerintah, swasta dan masyarakat untuk melaksanakan Gerakan Opsih. Sebagaimana yang disampaikan melalui surat edaran yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kab Pangandaran Kusdiana.

Gerakan Opsih secara serentak akan dilaksanakan pada hari Senin, 9 Mei 2022, atau pasca liburan hari raya idul fitri 1443 H tahun 2022, dimana volume pengunjung sudah berkurang.

"Atensi kita adalah kebersihan faktor  utama di pantai Pangandaran. Setelah dilaksanakan bersih - bersih , menjadikan pantai semakin indah seperti di bali, tadinya seperti orang duduk di tempat sampah, sekarang semakin bersih juga indah." ujar Karo SDM Polda Jabar.
(Taupik)