-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pastikan Ruang Tahanan Aman, Piket Pawas Polsek Soreang Cek Dan Kontrol Tahanan

Senin, 09 Mei 2022
Loading...

60MENIT.COM, Kab.Bandung – Piket Perwira Pengawas (Pawas) Kepolisian Sektor Soreang Polresta Bandung melaksanakan cek dan kontrol tahanan serta ruang tahanan di rutan Mapolsek Soreang, Senin (09/05/2022).

Kegiatan rutin yang di laksanakan oleh Pawas setiap pagi dan petang ini, merupakan kewajiban yang harus dilakukan, untuk tindakan preemtif, mencegah adanya hal-hal yang di luar kontrol yang tidak di inginkan. Kebersihan setiap sudut ruangan, tidak lepas dari pengecekan pawas. Setiap kamar dan barang, serta badan tidak luput dari penggeledahan.
Kapolsek Soreang Kompol Drs. RN Mulyadi  mengatakan, pemeriksaan sistem keamanan ruang tahanan, merupakan kegiatan rutin yang wajib dilakukan oleh Pawas yang sedang piket.

“Dirinya menyampaikan setiap pergantian piket Pawas baik siang maupun malam selalu dilakukan pengecekan ke seluruh ruang tahanan termasuk semua tahanan. Pengecekan meliputi seluruh sistem keamanan termasuk petugas piket jaga tahanan, Closed Circuit Television (CCTV), kunci ruang sel tahanan dan juga barang-barang milik tahanan di dalam ruang sel,” ujarnya.

Kegiatan tersebut dilakukan, agar piket pawas dan piket penjagaan tahanan selalu siaga dan peka terhadap kondisi ruang tahanan maupun keadaan tahanan. Jangan sampai ada tahanan yang melarikan diri ataupun sakit, bahkan meninggal dunia dalam ruang tahanan.

Sementara itu, untuk menjaga kesehatan tahanan agar tetap bugar dan sehat petugas tidak lupa mengarahkan seluruhnya untuk olahraga bersama dan menjaga kebersihan ruang tahanan.

“Tingkatkan kewaspadaan dalam pelaksanaan tugas jaga tahanan, cek dan kontrol tahanan setiap jam sesuai dengan Standard Operating Procedure (SOP). Kita tidak boleh lengah dan segera laporkan kepada pimpinan bila terjadi masalah dengan tahanan, serta tetap jaga kebersihan ruang tahanan,” jelasnya.
(Taupik)