-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kabid Humas Polda Jabar : Pastikan Hewan Ternak Tidak Terjangkit PMK, Polisi Pantau Ke Kandang Sapi

Rabu, 22 Juni 2022
Loading...

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Polsek Baleendah Polresta Bandung Polda Jabar melalui Bhabinkamtibmas melakukan pemantauan dan pengecekan terhadap hewan ternak di peternakan sapi Kp.Pametingan Rw 10 Desa Malakasari Kec. Baleendah, Kab. Bandung.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo S.I.K., M.Si mengatakan bahwa kegiatan pemantauan dan monitoring ini sebagai bentuk nyata kepedulian pemerintah khususnya di Kabupaten Bandung untuk mencegah penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Wilayah Baleendah.

"Pengecekan terhadap hewan ternak ini untuk menjelang Hari Raya Idul Adha,"kata Kompol Sungkowo, Kapolsek Baleendah Polresta Bandung Polda Jabar, Rabu,(22/6/2022).

Dirinya menambahkan, penyakit PMK terhadap hewan ternak khususnya sapi saat ini sedang marak. Dan untuk memastikan hewan ternak yang akan dijadikan qurban harus terus dilakukan pemantauan rutin.

"Melalui Bhabinkamtibmas, hasil pemantauan belum ada temuan kasus PMK di Wilayah Kecamatan Baleendah,"ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan bekerjasama dengan instansi terkait dan pengurus hewan ternak. Agar terus melakukan pengawasan dan memastikan pemberian vitamin kepada hewan ternak serta memberikan sosialisasi tentang kebersihan kandang agar tidak mudah terjangkit penyakit. 

“Kita juga sudah memberi larangan sapi yang sudah terjangkit PMK masuk ke wilayah Baleendah tidak boleh diperjualbelikan,” kata Sungkowo.

Lebih lanjut Sungkowo menghimbau kepada seluruh pemilik hewan ternak sapi agar memastikan kebersihan kandang selalu dijaga dan pakan yang diberikan juga yang berkualitas.

“Kebersihan kandang selalu diperhatikan untuk mengurangi dan mencegah sapi sakit dan juga pengontrolan hewan sapi agar tetap terjaga dan sehat, sehingga pada saat digunakan untuk hewan qurban masyarakat jadi aman dan nyaman,"pungkasnya.
(Taupik)