-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Sigap, Binmas Desa Cileunyi Kulon Gendong Warga yang Struk saat monitoring BLT-DD di Kantor Desa Cileunyi Kulon

Jumat, 23 September 2022

60MENIT.COM, Kab.Bandung - Ada pemandangan yang terekam saat pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari anggaran Dana Desa (DD) di  Desa Cileunyikulon,  Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung bagi para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang patut diapresiasi.

Betapa tidak, saat pembagian BLT DD di aula lantai 2 desa tersebut pada Kamis (22/7/2022) pagi kemarin, terekam sosok Bhabinkamtibmas Desa Cileunyikulon, Aiptu Mardiana tengah  menggendong seorang pria tua renta di tangga salah seorang KPM yang baru saja mencairkan jatah BLT DD.

Salah seorang KPM yang diakod atau digendong Mardiana ini kabarnya telah lama terserang struk ringan dan jalan pun dibantu dua tongkat. Ternyata, saat pria tua ini mau dan usai mengambil BLT DD di lantai 2 dengan menaiki tangga terlihat oleh Mardiana yang kebetulan saat itu turut memantau, sekaligus pengamanan pembagian BLT DD.

Mardiana segera menghampiri pria tersebut dan langsung "diakod" menaiki tangga untuk menuju lantai 2. Begitu pula usai menerima BLT DD, pria tersebut diakod kembali menuju lantai 1 untuk pulang.

"Ya, itu spontanitas saya saja untuk segera menolong pria tua tersebut. Pasalnya, dengan kondisi jalan tak normal meski dibantu 2 tongkat naik ke tangga cukup riskan sehingga saya pun segera membantu menggendongnya," kata Mardiana anggota Polsek Cileunyi Polresta Bandung Polda Jabar yang ditugaskan jadi Bhabinkamtibmas Desa Cileunyikulon.

Meski saat menggendong pria tua tersebut, Mardiana terlihat kepayahan, namun tetap dijalaninya. Selaku Bhabinkamtibmas, setiap saat harus tetap hadir jadi pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

"Ini sudah jadi tugas saya saat berada di tengah-tengah masyarakat, apa adanya bukan ada apanya,"tandas Mardiana.

Kepedulian Mardiana yang menolong pria tua di pembagian BLT DD tersebut, sejumlah warga dan sejumlah tokoh masyarakat yang melihat pemandangan ini pun melontarkan apresiasi. Termasuk, apresiasi dilontarkan oleh Kades Cileunyikulon A. Mulyadi dan Sekdes Cileunyikulon Asep Jamil dan pengurus BPD.

"Ya, kami dari Pemdes Cileunyikulon mengapresiasi langkah Bhabinkamtibmas tersebut yang hadir dan peduli untuk penolong KPM yang akan mengambil BLT DD. Ini demi kelancaran, keamanan dan kenyamanan saat proses pencairan BLT DD,"kata A. Mulyadi.

Menurut Asep Jamil, Sekdes Cileunyikulon, sebenarnya dalam pembagian BLT DD di Desa Cileunyikulon pihak desa, puskesos dan pendamping kerap jemput bola ke KPM penerima BLT DD yang tergolong tua renta atau sakit ke rumahnya.

"Pria tua yang jalannya dibantu pakai 2 tongkat dan ditolong Bhabinkamtibmas sebenarnya mau di jemput bola oleh perangkat desa ke rumahnya. Namun pria tua, salah seorang KPM penerima BLT DD tersebut tidak mau dan keukeuh datang ke desa," terang Asep Jamil.

Menurut Asep Jamil, kegiatan pembagian BLT DD kali ini untuk triwulan 3 (bulan Juli, Agustus dan September). "BLT DD Desa Cileunnyikulon bagi 166 KPM tahun anggaran 2022, Rp 300.000/bulan/KPM. Alhamdulillah lancar dan aman," pungkas Asep Jamil.

Semnntara di Lain tempat Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo, S.H., S.I.K., M.H. yang diwakili Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. terkait hal tersebut memberikan Apresiasi kepada anggotanya yang dengan sigap membantu Warganya, ini merupakan bentuk pelayanan prima Polri kepada Masyarakat." Ucapnya.

"Semoga harapannya Polri dengan masyarakat tetap bersinergi dan terjalin keharmonisan yang lebih dekat dalam menjaga harkamtibmas." Tutup Kapolsek.
(Taupik)