-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Expo Semester 1 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 036 Ujungberung kota bandung

Kamis, 24 November 2022

60MENIT.com Expo Semester 1 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 036 Ujungberung kota Bandung. Kamis.24/11/2022


60MENIT.COM-UJUNGBERUNG- giat Expo Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN 036  UJUNGBERUNG dengan Tema kelas 1  Berekayasa dan Berteknologi untuk membangun NKRI dan Kelas IV Tentang KeWIRAUSAHAAN sebagai penanggung jawab  M Y Fahrudin, S bertempat di halaman SDN 036 Ujungberung jln Cigending  .Ujungberung, Kamis 24 Nopember 2022

  Acara ini di hadiri :

-Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Bandung : bpk Jajang Hermawan, S.Pd.

-Pengawas Bina : bpk E. Suryana, M.M.Pd.

-Pengawas PAI : ibu Dede Wahidah, M.Pd.I.

-Para Kepala Sekolah SD & SMP yang ada di sekitar SDN Ujungberung.

-Kepala SDN 036 Ujungberung: Drs. Jaya Rahmat.

-Bhankamtibmas -Babinsa kelurahan Cigending.



M.Y. Fakhrudin, S.Pd.I ( penanggung jawab) Kegiatan mengatakan untuk mengadakan dalam acara ini bekerjasama dengan Disdik dan menjalankan program proyek penguatan profil pelajar pancasila 

 Tahapan Perencanaan Projek Profil Pelajar Pancasila Membentuk Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Mengidentifikasi Tahapan Kesiapan Satuan Pendidikan dalam Menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Menentukan Dimensi dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.



Berdasarkan Permendikbudristek No.56/M/2022, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kurikuler berbasis Proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi.



Adapun tahapan P5 diawali dengan memahami P5, kemudian menyiapkan ekosistem sekolah, mendesain projek  mengelola P5, mendokumentasikan serta melaporkan hasil P5, dan yang terakhir adalah evaluasi dan tindak lanjut P5 Secara umum,P5 dalam Kurikulum Merdeka bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila di setiap jenjang pendidikan.dengan hasil dari barang barang yang ada di sekitar dari daur ulang menjadi hasil karya "Ucapnya.


Dalam acara expo ini di isi dari hasil kreasi pelajar untuk berprestasi diantaranya.

-Tari Saman,Kabaret,Paguneman buruan Sae,Medley Tari Daerah.

-Tari Ampar ampar pisang,Tari Gundul Gundul Pacul,Tari Apuse,Tari Jaipong,,Tari Sajojo,

Tari Kreasi Jaipong Subali Sugriwa,

Tari Betawi ondel ondel,Puisi,Tari Paijo,Tari Wonderland Indonesia,Seni Kuda Lumping,Tari bungong jeumpa,Tari tambu naek Gembul,Tari Manuk Dadali,Tari Kecak.


Tambah Bhabinkamtibmas juga dari Babinsa menyampaikan pesan dan himbauan Kamtibmas :

 1. Antisipasi Kerawanan C.3 di lingkungannya  

2. Jaga Bersama Harkamtibmas di lingkungannya

3. Tingkatkan kembali Tamu Wajib Lapor 1x24 Jam 

4. Jalin Komunikasi dan informasi

5. Antisipasi banjir, longsor dan pohon tumbang di musim hujan

6. Bila terjadi sesuatu segera hubungi Bhabinkamtibmas atau Polsek Ujungberung.



Dalam acara ini terselenggara dengan mendikbudristek dan kerjasama para guru dan pengajar SDN 036 Ujungberung .


Asep Sunandar