-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kabid Humas Polda Jabar : Profil Polwan Punggawa K.9 Dit Samapta Polda Jabar Dalam Penanganan Bencana Gempa Bumi Di Kab. Cianjur

Selasa, 29 November 2022

60MENIT.COM, Cianjur - Gempa bumi berkekuatan M 5.6 SR yang dirasakan masyarakat kabupaten cianjur khusunya di pusat titik gempa meninggalkan suasana pilu yang mendalam bagaimana tidak hampir seluruh rumah dilokasi tersebut hancur rata dengan tanah bahkan korban jiwa banyak tertimpa reruntuhan bangunan dan tanah longsor.

Ada hal menarik di sela penyelamatan dan pencarian korban tragedi bencana gempa bumi di cianjur, adalah Bripda Indah Anggota K.9 Dit Polsatwa Samapta Polda Jabar, yang sedari awal terjadi gempa bumi pada hari senin 21/11/2022.

Dirinya bersama dengan rekan-rekan polisi lainnya melaksanakan tugas operasi kemanusiaan dalam hal pencarian korban yang selamat dan korban yang terindikasi meninggal dunia dengan menerjunkan K.9 atau anjing pelacak yang bisa meng identifikasi keberadaan orang yang akan di carinya, dirinya tidak lelah dengan terus menerus mencari sebanyak mungkin korban bencana, sampai dengan saat ini, Selasa (29-11-2022).

Inilah salah satu punggawa srikandi polri yang benar-benar tulus, bekerja keras dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas dalam operasi kemanusiaan di cianjur, yang patut kita apresiasi dan acungi jempol, mudah-mudahan bisa di ikuti pula semangat nya oleh polisi-polisi lainnya di indonesia.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. Ibrahim Tompo, S.I.K., M.Si., mengatakan bahwa seorang Polwan memiliki peran dalam menjalankan tugas pencarian korban hilang akibat gempa bumi Cianjur.

Bripda Indah Saraswati Dhuha ini merupakan anggota Dit Samapta Polda Jawa Barat dengan satwanya yang terlatih yaitu Anjing pelacak yang sering dipanggil si Igor. Ia adalah hewan terlatih dari Dit Samapta Polda Jabar. Kemampuannya sudah tidak diragukan lagi.

Dalam beberapa penampilannya dilapangan, Ia terbilang cerdas karena mampu membantu tugas Kepolisian dengan ekspetasi yang membanggakan, salah satunya adalah melacak keberadaan korban bencana alam gempa, longsor dll bahkan ia telah berhasil menemukan korban yang tertimpa reruntuhan agau tertimbun tanah seperti yang terjadi sekarang ini.

Dengan prestasinya yamg membanggakan itu, maka dapat dipastikan kalau hewan tersebut telah berhasil membantu tugas Kepolisian dengan baik. Salah satu penyebab hewan tersebut dapat bekerja dengan baik karena sistem pengasuhan, pelatihan dan pemeliharaan yang baik dari para personel Dit Samapta khususnya Bripda Indah Saraswati.

Dia sang pawang beserta anjing pelacaknya si igor ini dilatih khusus untuk pencarian orang hilang akibat bencana alam. igor sang anjing memiliki ritual khusus yaitu dirangsang dengan bau sintetis untuk memancing instingnya sebelum operasi pencarian korban dilakukan.

Dengan uletnya sang pawang indah saraswati selalu siap membawa perlengkapan sang anjing seperti perbekalan air, makanan anjing dan P3K sebagai antisipasi apabila terjadi sesuatu pada si igor ini. 
(Taupik)