-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Polres Indramayu Gelar Apel Serentak Ketua Satuan Keamanan Lingkungan

Rabu, 21 Juni 2023

60MENIT.COM, Indramayu - Polres Indramayu jajaran Polda Jabar menyelenggarakan Apel Ketua Satuan Keamanan Lingkungan di Lapangan Mako Polres Indramayu, Rabu (21/06/2023) pagi.

Kegiatan Apel dipimpin langsung Kapolres Indramayu, AKBP Dr. M. Fahri Siregar, S.H., S.I.K., M.H.

Kegiatan Apel diikuti Forkopimda Indramayu, Wakapolres Indramayu, Kompol Hamzah Badaru, S.I.K. PJU dan Perwira Polres Indramayu serta para Kapolsek Jajaran Polres Indramayu dan dihadiri oleh tamu undangan terkait. 

Kapolres Indramayu mengatakan, kegiatan Apel Ketua Satkamling ini dilaksanakan serentak se-Indonesia.

“Apel ini untuk melihat kesiap siagaan dan upaya meningkatkan pam swakarsa, guna menjamin keamanan yang aman kondusif,” katanya kepada awak media.

Lanjut Kapolres menjelaskan, Satuan Keamanan Lingkungan atau Satkamling ini sebagai bagian dari upaya dalam rangka untuk pencegahan kejahatan dan juga memelihara kamtibmas.

Karena Satkamling ini juga merupakan bagian dari pengamanan swakarsa yang juga sudah diatur dalam peraturan kepolisian yang sudah berlaku.

Dan kami berharap juga, lanjut Kapolres, dengan Satkamling ini dapat meningkatkan dan optimalkan Sinergitas antara POLRI – TNI dan juga masyarakat dalam rangka untuk bisa menjaga kamtibmas yang kondusif.

“Sejauh ini saat dilaunchingnya Satkamling Wiralodra Presisi ini, Alhamdulillah sangat efektif,” tuturnya.

Kapolres menyampaikan hasil peninjauan langsung ke Satkamling – Satkamling di Wilayah hukum Polres Indramayu banyak apresiasi yang diberikan oleh masyarakat terhadap Satkamling yang melaksanakan tugasnya. 

Sebagai contoh adalah mencegah terjadinya tawuran. 

“Ini sudah pernah terjadi,” tuturnya.

Selain itu itu pernah juga apresiasi dari masyarakat karena ada pelaku tindak pidana yang berhasil di evakuasi oleh petugas Satkamling, terus ada masyarakat yang terbantu karena petugas Satkamling memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan cara pada saat itu memeberikan pertolongan pertama.

Dan ini merupakan bagian yang sangat luar biasa bagi kami, karena ini merupakan suatu inisiatif yang merupakan tindakan terbatas yang memang diperlukan oleh kami dari Polri untuk bisa menjaga kondusifitas dengan menggerakan masyarakat.

Kami berharap dengan adanya Satkamling yang ada di wilayah hukum Polres Indramayu dapat meningkatkan semangat dan mengoptimalisasikan peran awak satkamling dalam mengemban fungsi kepolisian terbatas, guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat secara swakarsa (kesadaran dan kemauan sendiri). 

Lanjut Kapolres Indramayu mengatakan, Satkamling Wiralodra Presisi Kombo Siaga Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi mendapatkan peringkat pertama pada penilaian lomba Satkamling yang diadakan oleh Polda Jabar.

“Alhamdulillah, perwakilan Polres Indramayu mendapatkan peringkat pertama tingkat Polda Jabar,” tuturnya.

Tidak hanya sekedar itu, pada kesempatan itu sekaligus berlangsung penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Satkamling tingkat Polres Indramayu.

• Adapun Juara Satkamling Wiralodra Presisi tingkat Polres Indramayu adalah sbb.

- 1. SATKAMLING WIRALODRA PRESISI KOMBO SIAGA POLSEK TERISI.
- 2. SATKAMLING WIRALODRA PRESISI MULYANING JAGAT POLSEK BONGAS.
- 3. SATKAMLING WIRALODRA PRESISI TEGALURUNG RAGEM POLSEK BALONGAN.

Harapan 1 SATKAMLING WIRALODRA PRESISI GANG LEZZA POLSEK KANDANGHAUR.
Harapan 2 SATKAMLING WIRALODRA PRESISI MELATI POLSEK WIDASARI.
Harapan 3 SATKAMLING WIRALODRA PRESISI KEMUNING ASRI POLSEK SUKAGUMIWANG.
(Taupik)