SELAMAT DATANG DI WEBSITE 60MENIT

Wednesday, September 26, 2018

DLHK Kota Bandung Adakan Seminar Pelatihan Pengolahan Sampah, Bentuk Kepedulian Terhadap Citarum Harum


Dansektor 22 Jadi Narasumber Pada Kegiatan
Seminar Pelatihan Pengolahan Sampah (26-09-2018)

BANDUNG, 60MENIT.COM - (26-09-2018) Bercokol dalam mensukseskan Peraturan Presiden No. 15 Tahun 2018 tentang Percepatan Revitalisasi Sungai Citarum Kol. Inf. Asep Rahman Taufik (Dansektor 22) jadi narasumber di kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengolahan sampah, Rabu (26-092018) jam 09.00 - 15.30.

Kegiatan komersil ini diselenggarakan di Hotel Sukajadi yang diikuti oleh 60 orang peserta Pelaku Usaha Apartemen dan Hotel di Kota Bandung, yang diselenggarakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandun.

Dansektor 22 pada kesempatan ini me!bahas tentang Kinerja sebagai Satgas Citarum menegakkan Peraturan Presiden No 15 tentang percepatan suksesi Revitalisasi Sungai Citarum, yang kini masih kondisi memprihatinkan karena penceremaran Limbah Industri B3 (Beracun, Bau dan Berbahaya) hingga menjalar pada kandungan tanah (Unsur Hara) apa bila ditanami tanaman pertanian dan sayuran (Agri Kultur) maka racun tersebut akan menyerap pada kandungan tanaman dan berbagai apabila dikonsumsi Manusia.

Tampak Peserta Pelatihan

Penegakkan penertiban dan disiplinisasi pada pelaku industri terkait untuk tidak membuang limbahnya tanpa proses IPAL yang benar atau belum layak buang kini lagi gencar ditindak, hal ini perlu diimbangi dengan kerapnya Sosialisasi pada para pihak supaya bisa merubah Mindset Pengusaha yang Nakal.

Satgas Siliwangi bertindak pada Program Citarum Harum mempunyai misi untuk penyelamatan Ekologi sehingga bukan Limbah B3 saja yang dicegah dibuang ke aliran sungai tetapi zat yang berwarna pun tidak boleh, karena hal diatas akan merusak ekosistem dan tidak akan lestari nya ekologi yang hidup baik di air maupun di lingkungan bahkan Punah.

Apabila para pelaku industri dan masyarakat sudah faham akan program ini pasti akan tumbuh jiwa kepedulian terhadap lingkungan sehingga akan mudah mempercepat Program Citarum Harum.

Berpoto Dengan Peserta

Rusaknya lingkungan adalah bkarena ulah manusia semata, maka betul pepatah yang berbunyi "Mari Kita Jaga Alam maka Alam Akan Menjaga Kita", artinya jangankan limbah Zat yang mengandung B3 sampah rumah tangga pun kita harus tertib membuangnya.

Karena program revitalisasi sungai citarum merupakan Program Nasional maka merupakan kewajiban bagi setiap orang untuk menjaga bahkan melestarikan kepedulian terhadap lingkungan ataupun Sungai Citarum baik dari limbah cair maupun limbah padat.

Hal diatas diungkapkan oleh Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, pada kegiatan yang Diselenggarakan oleh DLHK Kota Bandung ini sebagai salah satu wujud kegiatan non fisik kepada Program Citarum harum

Hadir pada acara tersebut adalah Profesor Satori sebagai Narasumber tentang pengelolaan sampah, 

Dengan sosialisasi tersebut diharapkan ada Folow up dari semua peserta untuk diterapkan dan dilaksanakan secara masif dan konsisten dalam proses pengolahan sampah disumbernya. (Zhove)
Post a Comment