-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


ADD: Percepatan Pembangunan Desa Kalibening Prioritaskan Lapen Dan Sumur Bor

60menit.com
Rabu, 01 April 2020

60menit.com - Kantor Desa Kalibening Kec. Pekalongan, Lampung Timur. 

60MENIT.COM, Pekalongan ☐ dalam rangka Percepatan Pembangunan Desa melalui pemerintah pusat dikecamatan Pekalongan Kabupaten Lampung Timur hanya 2 desa yang mendapatkan, yaitu Desa Tulus Rejo dan Desa Kalibening, yang mendapatkan Zona percepatan pembangunan desa.

Mengenai percepatan pembangunan di Desa Kalibening Kecamatan Pekalongan media60menit.com, menemui Kepala Desa (Sumiji) diruang kerjanya Senin, (30/03/2020).

Dia mengatakan, "kalau Anggaran Dana Desa (ADD) untuk percepatan pembangunan di Desa Kalibening akan dibangun jalan Lapisan Panitrasi (Lapen) sepanjang 1.500 meter dan pembangunan Sumur Bor di dua titik," katanya.

Zona percepatan pembangunan desa merupakan salah satu dalam pengajuan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2020, "tentunya hal itu tak luput dari kesiapan Kepala Desa setempat dan aparatur desa yang menyiapkan persyaratan serta tahapan - tahapan sebagai syarat pengajuan dana desa tahap pertama pencairan tahun ini", jelasnya.

Dilanjutnya lagi Sumiji  menjelaskan, "Ya Alhamdulillah semua pekerjaan ini dapat berjalan dengan lancar, Insha Allah akan kami Prioritaskan dana desa tahap pertama ini sesuai hasil musyawarah desa (Musdes) yaitu pemenuhan dasar berupa kegiatan percepatan pembangunan, sebab mengingat pada tahun kemaren 2019 belum ada Zona percepatan pembangunan desa, sebagai percontohan pembangunan". Ucapnya.


Dengan adanya zona percepatan pembangunan di Desa Kalibening,  "Mudah-mudahan bisa menjadi contoh desa-desa yang lain, agar bisa menyusul Percepatan pembangunan yang dianggarkan dari Dana Desa untuk dipergunakan percepatan pembangunan desa, penggunaan dana desa ini juga selain untuk pembangunan akan digunakan untuk bidang penyelenggaraan pemerintah desa, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat desa, serta dalam melaksanakan kegiatan pekerjaan desa untuk pencairan pertama, sekarang masih dalam proses pelaksanaan pekerjaan Sumur Bor". Pungkasnya.

(Tarmizi)