-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Akibat Kebakaran Lahan Kosong, Polisi Berikan Imbauan Agar Waspadai Karhutla

Jumat, 15 Oktober 2021
Loading...

60MENIT.COM, Sumbawa Barat - Telah terjadi kebakaran lahan kosong bertempat di RT 01 RW 04 Lingkungan Menala Kelurahan Menala Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, kebakaran lahan losong milik ahmad tepatnya di seberang Sungai Lingkungan Menala yang diduga akibat dari Pembakaran Sampah oleh pemilik Lahan sehingga api menyambar daun bambu kering yang berada di sekitarnya yang menyebabkan Api meluas. 

Kapolres Sumbawa Barat AKBP Heru Muslimin,S.IK,.M.IP melalui Kasi Humas Polres IPDA Eddy Soebandi,S.Sos mengatakan,api diduga pembakaran sampah oleh pemilik lahan kosong tersebut, dengan cuaca kemarau seperti ini dihimbau kepada masyarakat agar waspada dengan pembakaran lahan.

"Warga bernama Siti yang rumahnya dekat dengan pembakaran sampah di lahan kosong tersebut,melihat kobaran api yang menyala sehingga Siti bersama dengan masyarakat sekitar berusaha untuk memadamkan api dengan alat seadanya dan menghubungi Lurah Menala serta melakukan Koordinasi bersama dengan Bhabinkamtibmas "kata Eddy kamis (14/10/21).

Eddy mengatakan, dengan kejadian tersebut personel Piket Polsek Taliwang bersama dengan Bhabinkamtibmas Kelurahan Menala yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Taliwang IPTU Mulyadi, S.Sos tiba di lokasi bersama dengan Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Sumbawa Barat melakukan pemadaman. 

"Kapolsek Taliwang IPTU Mulyadi,S.Sos bersama anggotanya melakukan himbauan kepada masyarakat sekitarnya, agar pada saat membuka lahan pertanian dan perkebunan tidak dengan cara membakar lahan. Masyarakat harus bisa menyadari akan bahaya yang diakibatkan oleh kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)" tegasnya.

Ia menuturkan,apabila ada ditemukan yang berkaitan dengan Karhutla segera melaporkan kepada Kepala Desa atau Bhabinkamtibmas dan Babinsa, agar penanganannya dapat dengan segera dilakukan."atas kejadian tersebut tidak ada korban jiwa maupun kerugian materil"pungkasnya.
(Taupik)