-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Polsek Cileunyi Polresta Bandung Intens Patroli Malam Waspada Aksi Kriminalitas Bulan Ramadhan

60menit.com
Selasa, 04 Mei 2021
Loading...

60menit.com Waspadai Aksi Kriminalitas di Bulan Ramadhan, Polsek Cileunyi Intens laksanakan Patroli malam.

60MENIT.com, Cileunyi | Jajaran Kepolisian mengingatkan kepada masyarakat untuk waspada terhadap aksi kriminal di Bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah. Tindak kriminal, seperti pencurian dengan kekerasan, pencurian dengan pemberatan, hingga pencurian kendaraan bermotor berpotensi yang kerap kali terjadi.


Kapolresta Bandung Kombes Pol Hendra Kurniawan, S.I.K, M.M, melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Wahyo, SH mengungkapkan, pelaku biasanya memanfaatkan waktu sahur atau shalat tarawih untuk melancarkan Aksinya dan tindakannya tersebut, bisa berupa perampasan kendaraan bermotor, ataupun pencurian rumah kosong pada saat ditinggal pergi oleh pemiliknya.


“Biasanya kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pelaku kejahatan, sebab aktivitas masyarakat untuk keluar rumah lebih sering. Makanya harus terus tingkatkan kewaspadaan jangan sampai lengah,” Katanya, Selasa (04/05/2021)


Pelaku perampasan juga kerap tidak segan melukai korbannya. Selain itu, kerawanan juga terjadi menjelang saat Rumah ditinggal oleh penghuninya. Pada saat itulah para pelaku kejahatan mengintai rumah kosong dan melancarkan aksi kriminalnya.


Wahyo mengatakan, hendaknya masyarakat yang akan meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama menitipkan penjagaan kepada kerabat atau orang yang dipercaya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.


“Kita minta juga masyarakat untuk mengecek kembali semua pintu atau jendela rumah apakah sudah terkunci rapat ataukah tidak guna mencegah terjadinya kriminalitas,” ujarnya.


Menanggapi bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah, Wahyo mengatakan, jika kepolisian juga bakal melakukan patroli secara intens. Tujuannya guna untuk menjaga stabilitas keamanan serta menjaga kemuliaan bulan suci ramadhan.


Tidak hanya itu, juga untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh umat muslim yang menjalani ibadah selama bulan ramadhan. “Kita akan laksanakan patroli secara intens ke sejumlah tempat Objek Vital baik Gedung perkantoran, Perbankan, Minimarket maupun pemukiman waega. Itu memang selalu di lakukan oleh jajaran Polsek Cileunyi Polresta Bandung selama ramadhan,” ungkap Wahyo.


Patroli yang secara intens dilakukan, angka kriminalitas di wilayah hukum Polsek Cileunyi Polresta Bandung bisa ditekan. Diakuinya, tindak pidana kriminalitas kerap terjadi, terutama pada saat Bulan Ramadhan dimana Warga Masyarakat pada umumnya beraktifitas di luar daerahnya masing-masing sehingga kebanyakan banyak rumah yang ditinggal pemiliknya.


Menjaga situasi kamtibmas ini tentu saja tidak bisa dilakukan dari unsur kepolisian saja. Tetapi juga dibutuhkan unsur TNI dan pemerintah serta kerjasama yang baik dengan masyarakat. Terutama kepada masyarakat, diminta agar tidak memancing adanya percobaan tindak kriminalitas dan ikut menjaga Keamanan dengan mengaktifkan Ronda malam atau Siskamling.


“Kita ingin, masyarakat yang menjalankan ibadah puasa tanpa rasa takut. Kita persempit percobaan tindak kriminalitas yang terjadi dengan secara intens lakukan patroli,” ujarnya.


“Masyarakat juga kita minta untuk tidak memancing tindak kriminalitas ini. karena biasanya, pelaku ini selalu mengintai yang akan dijadikan target. Apabila lengah sedikit, pasti akan menjadi korban. Jadi kita selalu waspada,” imbuh dia.


(hmz)