-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Kunjungan ke Sekolah, Binmas Desa Cibiru Hilir Ajak Peran Aktif Staf Guru Awasi Anak Didik Jauhi Kenakalan Remaja

Jumat, 26 April 2024

60MENIT.COM, Cileunyi - Polsek Cileunyi Jajaran Polresta Bandung Polda Jabar melalui Anggota Bhabinkamtibmas rutin menyambangi sekolah-sekolah yang ada di Wilayah Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Cibiru Hilir Aiptu Asep Sobar Lesmana mengunjungi Sekolah yang ada di Wilayah Binaannya salah satunya SDN Tirtayasa Desa Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Kamis (25/4/2024).

Hal tersebut dilakukan, guna menanggulangi kenakalan remaja. Termasuk menangkal rekrutmen geng motor, aksi kriminal, penyebaran berita hoaks dan memberikan pendidikan tertib lalu lintas serta prilaku Bullying yang marak terjadi dilingkungan sekolah.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Dr. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kabupaten Bandung Kompol Suharto, S.H. mengatakan, demi meminimalisir potensi kenakalan remaja khususnya di kalangan pelajar, Polsek Cileunyi akan terus menggiatkan kegiatan edukasi hukum kepada kalangan pelajar di wilayah hukum Polsek Cileunyi Polresta Bandung.

Ia mengaku, pihaknya akan menjadwalkan secara rutin kunjungan ke Sekolah Dasar (SD), ke sekolah menengah tingkat pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA).

"Melalu kunjungan ke sekolah sekolah ini, Polsek Cileunyi terus melakukan langkah preventif untuk mencegah pelajar di Kecamatan Cileunyi terjerumus dalam kenakalan remaja seperti terlibat dalam geng motor ataupun aksi tawuran dan Prilaku Bullying, " ucap Kapolsek.

Untuk mengoptimalkan kegiatan tersebut, kata Kapolsek, selain menghadirkan personel Binmas secara bergilir ke sekolah-sekolah, juga jajaran polsek melakukan sosialisasi dan edukasi hukum kepada kalangan pelajar itu. 

"Kunjungan Dialogis yang dikemas dengan program Police Goes To School ini dengan memberikan penyuluhan hingga pembinaan tentang kenakalan remaja itu diharapkan dapat mencegah kalangan pelajar terlibat aksi kriminal, " ujarnya. 

Ia menambahkan selain ada dorongan dari pihak kepolisian, juga diharapkan kolaborasi antara orang tua dan para guru di sekolah menjadi langkah kongkret untuk mencegah kenakalan remaja, sehingga tidak terjerumus dalam hal-hal yang dapat merugikan masa depan anak.

"Sebab, kedua figur itu dinilai paling banyak berinteraksi dengan anak di lingkungan rumah dan sekolah. Kami ingin para pelajar di Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung bersama-sama menghilangkan angka kejahatan, seperti geng motor, tawuran maupun perkelahian. Kemudian bisa menjauhi narkoba serta dapat lebih bijak dalam bermedia sosial, " Ucap Suharto

Kapolsek mengatakan Kunjungan Dialogis ke Sekolah ini dilakukan dalam upaya pembinaan dan pencegahan penyakit masyarakat (pekat). Serta mengurangi potensi pekat yang sering muncul sehingga menimbulkan dampak sosial yang tidak baik di kehidupan masyarakat sehari-hari.
(Taupik)