-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Pembangunan TPT 2023 Tuntas Beberapa Bulan Sudah Amburadul, Perencanaannya Perlu Dipertanyakan

60menit.com
Sabtu, 25 Mei 2024

Tampak seorang warga Mekarharja Purwaharja Kota Banjar sedang memerhatikan TPT hasil BBWS Citanduy (Pidin)


60Menit.com, Banjar | Pembangunan Tembok Penahan Tanah (TPT) oleh BBWS Citanduy di Mekarharja Purwaharja Banjar diragukan kwalitasnya. Pasalnya pembangunan tersebut diduga tidak sesuai dengan spesifikasi pekerjaan. Hal ini membuat khawatir para petani yang takut tanggulnya jebol di karenakan arus air sungai itu deras sekali.


Ketika dilakukan pembangunan di lokasi pekerjaan tanpa dilengkapi papan proyek sehingga terkesan tertutup dan masyarakat seolah olah tidak boleh mengetahuinya.


Warga sekitar berinisial RS mengatakan, ketika pembangunan terjadi tidak ada papan nama proyek. Bahkan semen yang digunakan tidak menggunakan takaran sehingga semen sebagai pengikat material lain tidak merata terlihat banyak kasar lumpurnya.


"Waktu proses pemasangan pondasi menurut saya pengadukan terlihat asal asalan. Pasir yang digunakan adukannya seperti kurang semen. Saya yakin hal itu sangat berpengaruh pada kwalitas pekerjaan." Katanya.


Pelaksanaan pekerjaan TPT Mekarharja Purwaharja Kota Banjar.


RS juga mempertanyakan fungsi pengawasan BBWS Citanduy sendiri, "Awasi dong pekerjaan di lapangan." Ujarnya.


Sementara warga sekitar berinisial YT mengatakan perbaikan yang dilakukan hanya sebatas menambal bagian yang rusak.


"Kalau pekerjaan hanya menambal yang rusak tentunya membuat kekhawatiran warga petani yang ada di sekitar pekerjaan proyek tanggul. Saya memohon kepada BBWS agar mengevaluasi seluruh pekerjaan yang sudah di kerjakan," ujar YT.


(P. Seprudin)