-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Binmas Desa Jatiendah Cileunyi Polresta Bandung Minta Warga Aktifkan Siskamling

60menit.com
Sabtu, 08 Mei 2021
Loading...

60menit.com Binmas Desa Jatiendah minta warga dan Hansip Aktifkan Siskamling, Cegah Kriminalitas serta Covid-19 di Bulan Ramadhan.


60MENIT.com, Cileunyi | Tingginya angka kriminaliats di tengah pendemi Covid-19 saat ini mendorong kepolisian untuk terus meningkatkan pengamanan hingga lapisan bawah, Sabtu (8/04/2021).


Peran bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling untuk kepentingan pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) dinilai cukup penting. Kapolsek Cileunyi Polresta Bandung Kompol Wahyo, SH mengatakan, peran bhabinkamtibmas memang harus terus dioptimalkan sejalan dengan harapan Masyarakat dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketentraman lingkungan.


Hal itu, tak lain sebagai upaya kepolisian dalam menjadikan setiap wilayah aman dari segala bentuk kriminalitas. Di mana kasus kriminalitas belakangan ini trennya terus mengalami peningkatan.


’’Bhabinkamtibmas itu sebagai ujung tombak kepolisian di masyakarat. Mereka paling dekat dengan masyarakat. Sehingga mereka juga yang paling tahu soal keamanan di masyarakat,’’ ungkapnya. 


Di tengah percepatan penanganan virus korona, bhabinkamtibmas harus mampu membangun kesadararan masyarakat akan bahaya Covid-19 sehingga Masyarakat tetap disiplin menerapkan Prokes guna menekan angka penderita Covid-19.


Seperti Halnya yang dilakukan Oleh Bhabinkamtibmas Desa Jatiendah polsek cileunyi Polresta Bandung Aiptu Tedi Sugiman berdialog kamtibmas dengan Warga dan Hansip di perbatasan antara Desa Jatiendah dengan Desa melatiwangi Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung. Sabtu (08/05/2021)


Mereka dituntut bisa bersinergi dengan semua stakeholder di wilayah masing-masing. Dengan harapan, penyebab timbulnya gangguan kamtibmas dapat diredam sejak dini. Misalnya, mengaktifkan kembali peran pos kamling. Penjagaan ronda malam ini, kata Wahyo, dinilai penting dalam upaya menutup gerak pelaku kejahatan.


Lebih lanjut Aiptu Tedi Sugiman selaku Bhabinkamtibmas Desa Jatiendah Polsek Cileunyi Polresta Bandung menjelaskan peran siskamling mempunyai daya cegah, daya tangkal, dan daya lawan, terhadap segala bentuk  gangguan kamtibmas ditengah masyarakat. ’’Upaya-upaya semacam itu yang saat ini terus kita lakukan di tengah masyarakat,’’ Jelas Tedi


Aiptu Tedi menambahkan, di tengah pandemi Covid-19, saat ini semua harus bergandeng tangan untuk memberantas atau mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Yakni, dengan membangun sistem pengamanan yang berasal dari masyarakat atau pam swakarsa.


’’Saya kira itu akan lebih efektif dibanding sekadar penegakan hukum yang dilakukan selama ini,’’ katanya. Pengaktifan siskamling ini, lanjut dia yaitu untuk mengoptimalkan pencegahan gangguan kamtibmas hingga ke pelosok daerah.


Hal ini tertuang dalam surat telegram bernomor  ST/1336/IV/OPS.2/2020, di mana Kapolri memerintahkan optimalisasi peran bhabinkamtibmas dan pengaktifan siskamling. Tujuannya, mengantisipasi gangguan kamtibmas terkait pandemi Covid-19 yang masih mewabah di Indonesia.


Sehingga semua elemen masyarakat ikut berperan aktif dalam menciptakan keamanan. Baik tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, hingga organisasi kemasyarakatan.


’’Artinya, peran RT, RW untuk membentuk pam swakarsa melalui jaga poskamling. Serta patroli rutin semakin diperketat, juga harus ditingkatkan,’’ tuturnya. PAM swakarsa ini, terang dia, dalam rangka untuk menciptakan sekaligus membentuk keamanan bersama.


Diperkuat dengan penerapan skrining, atau tamu wajib lapor 1x24 jam. ’’Kami rasa hal ini sudah mulai diterapkan di setiap lingkungan. Buktinya, hampir setiap lingkungan sekarang menerapkan sistem satu pintu (one gate system). Masyarakat luar yang masuk juga sudah tidak bisa seeanaknya, karena ada yang jaga,’’ paparnya.


Aiptu tedi menjelaskan bahwa Kamtibmas swakarsa merupakan suatu Tindakan dan Upaya dalam mewujudkan daya cegah tangkal dalam penanganan terhadap sumber gangguan kamtibmas swakarsa. 


Ia menambahkan bahwa ada beberapa hal yang harus diketahui dan diperhatikan terkait pelaksanaan Siskamling ini Di antaranya, Bhabinkantibmas senantiasa untuk membina dan membangun kesadaran.


(hmz)