-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Satgas Citarum Sektor 7 Subsektor Pasawahan Bersihkan Sampah Bersama Warga Citepus

60menit.com
Rabu, 26 Mei 2021
Loading...

Satgas Citarum Sektor 7 Subsektor Pasawahan Bersihkan Sampah Bersama Warga Citepus



60menit.com


60MENIT.COM, Kab. Bandung - " Total sampah organik dan nonorganik yang dihasilkan di wilayah Jawa Barat sebanyak 35 ribu ton setiap hari. Perlu pendekatan teknologi untuk mengatasi atau mengelola sampah tersebut. Salah satu upaya yang dilakukan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil adalah berkolaborasi dengan platform digital Octopus sebagai mitra dalam pengelolaan sampah, terutama sampah botol plastik". Hal tersebut dikatakan Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano di Posko Sektor 7 di Claster Rancamanyar, Rabu (26/5/2021).  


Lebih lanjut dikatakannya, " Kolaborasi tersebut diharapkan dapat menyempurnakan ekonomi sirkular di Jabar sekaligus membiasakan masyarakat untuk memilah dan mengolah sampah. Selama ini sampah selalu menjadi permasalahan yang harus segera teratasi. 


Ada kurang lebih sebanyak 23.000 ton sampah dihasilkan setiap hari di daerah itu dan 40 persen di antaranya belum tertangani dengan baik. Apabila 40 persen dari data yang ada tidak tertangani, bisa menyebabkan banjir dan menimbulkan penyakit.


Ia juga katakan, " Sub Pasawahan Sektor 7 Satgas Citarum Serma Aep Saepudin bersama warga RW 01 dan RW 06 Kampung Citepus Kelurahan Pasawahan Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung melaksanakan kerja bakti pembersihan sampah di bak sampah untuk di tarik ke TPA. Bebas Sampah di wilayah Kampung Citepus menjadi tantangan tersendiri untuk segera diadakan bersih-bersih. Apalagi sebagian dari wilayah Pasawahan ini masih langganan banjir bila musim hujan. Serma Aep Saepudin sudah sering melaksanakan Sosialisasi Program Citarum Harum tentang Bebas Sampah, namun kenyataannya masih saja ada yang buang sampah bukan pada tempatnya ".


" Agar Sampah jangan sampai menimbulkan bencana banjir dan sumber penyakit ini maka Sub Pasawahan Sektor 7 Satgas Citarum ini melaksanakan pembersihan sampah yang sudah lama menumpuk di RW 01 dan RW 06 untuk dipindahkan ke TPA. Pengurus RT/RW setempat untuk diingatkan kembali dengan tegas warganya untuk tidak buang sampah bukan pada tempatnya. Dengan harapan kedepannya warga masyarakat Kampung Citepus agar membuang sampah di tempat yang sudah disediakan dan juga tidak membuang sampah di Sungai Citarum. Mari Selamatkan dunia melalui selamatkan Sungai Citarum, " ungkap Dansektor 7 Kolonel Inf Jefson Marisano. (T.Pro/Pendam III/Siliwangi).