-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Lagi, Satgas Citarum Sektor 7 Panen Sayur Mayur Di Bantaran Sungai Citarum

60menit.com
Selasa, 01 Juni 2021

Lagi, Satgas Citarum Sektor 7 Panen Sayur Mayur Di Bantaran Sungai Citarum


60menit.com


60MENIT.COM,Kab. Bandung - Bantaran Sungai Citarum yang berada di wilayah Sektor 7 dimanfaatkan oleh para Dansub Sektor 7 bersama warga setempat terutama  Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk kegiatan penanaman sayur-sayuran, palawija, hidroponik, apotik hidup dan budi daya ikan.



Dansektor 7 Satgas Citarum Kolonel Inf Jefson Marisano mengatakan, " pemanfaatan lahan tersebut dilakukan guna meningkatkan ketahanan pangan yang hasilnya dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh warga masyarakat sekitarnya", kata Dansektor


Sub Andir Sektor 7 Satgas Citarum,lanjut Dansektor, yang dipimpin oleh Pelda Dodi Daodi, bersama warga masyarakat dan ibu-ibu KWT RW. 02 Kampung Parunghalang, Kelurahan Andir, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung melaksanakan kegiatan panen wortel 50 Kg, kacang tanah 50 Kg dan bawang daun 30 Kg di Lahan Bios Sub Andir bantaran Sungai Citarum dan ini merupakan panen yang kesekian kalinya di tahun 2021 ini.


" Panen ini bertujuan agar masyarakat mendapat manfaatnya dan mau terlibat langsung dalam menjaga lingkungan sekitar tempat tinggalnya serta aktif dalam hal penanaman, menjaga dan memelihara sampai dengan panen ," ungkapnya.


Gerakan penamanan, pemeliharaan hingga panen yang dilakukan oleh Sub Andir bukan hanya sekedar memanfaatkan lahan dan menjaga aliran Sungai Citarum saja, tetapi juga untuk memberikan pengetahuan tentang program ketahanan pangan. Dengan ketersediaannya pangan menjadi penunjang bagi kebutuhan pangan  masyarakat setempat.


" Dari hasil panen tersebut, menjadi wujud dan bentuk edukasi serta penyadaran pada masyarakat. Adapun proses penanamannya selalu menggunakan pupuk cairan Bios 44 untuk menyuburkan lahan tanaman tersebut, " imbuhnya. (T.pro/Pendam III/Siliwangi).