-->

Header Menu

HARIAN 60 MENIT | BAROMETER JAWA BARAT
Cari Berita

60Menit.co.id

Advertisement


Personel Polres Kuningan Bersama Warga Kerja Bakti Pengaspalan Jalan Poros Desa

Selasa, 14 Maret 2023

60MENIT.COM, Polres Kuningan - Polres Kuningan Polda Jabar - Sesuai arahan dan petunjuk Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda S.l.K., Melalui Kapolsek Ciniru IPTU Sukendri bersama Bhabinkamtibmas Desa Desa Cipedes dan warga, melaksanakan gotong royong bersama, dalam perbaikan pengaspalan jalan Cipedes - Ciniru kabupaten Kuningan, Senin (13/03/2023).
Adapun tujuan untuk memudahkan warga untuk bepergian karena jalan tersebut sudah rusak berat.

“Kerja Bakti ini untuk membantu warga Desa Cipedes agar jarak tempuh yang di capai tidak membahayakan bagi pengendara oleh warga karena Sudah banyak yang berlomba ng, Sekaligus menjalin hubungan antara Bhabinkamtibmas dan warga masyarakat.

Kapolres Kuningan AKBP Dhany Aryanda S.l.K., didampingi Kasi Humas Polres Kuningan IPDA Endar Kuswanadi SH, mengatakan kepada Awak Media, Bahwa melalui Kapolsek Ciniru AKP Abdul Majid bersama Bhabinkamtibmas selain sebagai pembina di Desa binaan, juga ambil bagian dalam segala hal di Desa Binaannya, termasuk kerja bakti dalam pembuatan akses jalan poros Desa," ungkap Dhany Aryanda.

Selain menjalin rasa gotong royong antar aparat dan masyarakat, kegiatan seperti ini juga menjadi salah satu cara mendekatkan diri dengan masyarakat, seringnya bersama-sama dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan, baik kerja bakti maupun pertemuan-pertemuan desa serta acara adat istiadat.

Kegiatan kerja bakti ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya akses jalan poros desa, karena merupakan bentuk ibadah, dan selain itu dengan kerja bakti juga untuk memupuk rasa kebersamaan dan silaturahmi antar warga sehingga terbina kerukunan dan rasa toleransi antar warga.

Dengan suasana gotong royong ini diharapkan dapat tercipta kemitraan antara aparat Polri dengan masyarakat, karena kemitraan dengan masyarakat merupakan langkah positif dalam menekan bahaya gangguan kamtibmas.

Kerja bakti dimaksudkan juga untuk bertemunya antar warga karena kesibukan sehari-hari, dalam kerja bakti ini kita dapat menikmati susana sambil bersenda gurau yang dapat menimbulkan kegembiraan dan keakraban antar warga.

Dalam kerja bakti para pejabat RT ataupun pemerintahan dapat memberikan semangat dan pengarahan dalam masalah kebersihan, sampah dan kebijakan pemerintahan. Hanya dibutuhkan kemauan/niat dari para pejabat pemerintah setempat untuk turun kelapangan, ungkap Kapolres AKBP Dhany Aryanda.

Kerja bakti merupakan kegiatan yang tidak mengharapkan imbalan uang, dilakukan secara sukarela, hasilnya dapat dinikmati bersama-sama, dalam situasi sekarang ini memang sulit dilakukan karena kesibukan dan rasa egoisme dari pribadi.

Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan-pembangunan yang bermanfaat bagi desa bersangkutan, Tandas Kapolres AKBP Dhany Aryanda.

Karena semua warga terutama pria berkumpul sedangkan ibu-ibu menyiapkan makan dan minum ala kadarnya, menjadikan rasa saling gotong royong dalam kerja bakti tersebut akan menciptakan kerukunan yang mungkin sulit dicapai pada kesempatan lain. Inilah momentum untuk membangun kerukunan antar warga.

Selain menumbuhkan rasa gotong royong, kerja bakti dengan tujuan menjaga kebersihan lingkungan memiliki beberapa manfaat.

Tak lupa Bhabinkamtibmas Brigpol Ikeu Devi A, memberikan himbauan terkait Kamtibmas dan anggaran harus sesuai dengan peruntukannya. Selama berlangsungnya kegiatan monitoring dan gotong royong kerjabakti di wilayah desa Cipedes berjalan dengan baik dan lancar, pungkas Kapolres AKBP Dhany Aryanda S.l.K.
(Taupik)